Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB 7 Pengertian fosil



Lapisan sedimen sisa atau bekas jasad-jasad yan pernah hidup didekat tempat diendapkan nya sedimen-sedimen. Sisa-sisa dan bekas-bekas tadi dinamakan orang fosil. Berasal dari kata-kata bahas latin Fodere, yang berarti menggali.
Aristoteles berpendapat dalam abad ke empat sebelum masehi masih menganggap fosil-fosil itu sebagai benih-benih makhluk hidup.  Karena kewibaannya dapat bertaha hamper dua ribu tahun lamanya. Leonardo da vinci (1454-1519) sudah mempunyai pendapat yang sangat modern tentang pembatuan, yang didapatkan nya  berhubun dengan pekerjaannya  dalam lapisan-lapisan batuan  ditanah pegunungan.  Ditunjukkan nya bahwa kulit-kulit erang itu tentu terjadi didasar lautan. Selanjutnya pegunungan –pegununga itu terjai karena pengangkatan cekungan-cekungan yang dahulu kala merupakan lautan. Nicolas Steno (1638-1678) tabib dan ahli anatomi, juga mempunyai pendapat mengenai sedimen-sedimen yang tepat benar. Ia meminta perhatian kita tentag perlapisan nya dan keadaannya yang kebanyakan telah terjadi dalam air. Ia berkesimpilan bahwa pegunungan-pegunungan itu pada suatu ketika adalah dasar laut.
Penyelidikan fosil bersistem yang pertama mungkin dilakukan oleh professor Beriger hidup pada tahun 1700 di Jerman. Dalam tahun 1726 ia menerbitkan sebuah buku yang banyak berisi gambaran serta uraian tentang fosil-fosil. Tetapi diantara fosil-fosil yang asli terdapat pula gambran anekaragam makhluk aneh, seperti labah egan kepala burung, kuda kecil, orang kecil, rumah-rumah dan kota pada keseluruhannya.
Ada abad ke 19 terdapat suatu penemuan yang sangat penting artinya bagi ilmu geologi maupun ahli biaolog, bahwa ada lapisan-lapisan yang berurut-turut pada urutan stratigrafi biasanya terdapat jenis-jenis fosil yang berlainan.urutan fauna di berbagai tempat yang berjauhan letaknya adalah sama. Gejala inilah yang memberikan nilai stratigrafi kepada fosil. Sewaktu pembentukan sedimen tadi  juga telah terdapat  binatang hidup seperti sekarang tetapi semakin tua suatu sedimen yang berarti pula makin kebawah letaknya pada penampang stratigrafi, makin besarlah kelainan dengan fauna zaman sekarang.

Post a Comment for "BAB 7 Pengertian fosil"