Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB 6 SKALA WAKTU NISBI ( relative )



Perhitungan waktu geologi dapat dilakukan dengan mempersamakan serta membandingkan usia lapisa-lapisan yang satu dengan yang lain. Skala waktu yang demikian disebut skala waktu relative. Di lapisan-lapisan atas kita temukan lapisan-lapisan yang termuda. Flora serta fauna yang lebih maju perkembangan nya dari pada makhluk-makhluk yang terdapat dalam lapisan yang terletak dibawahnya. Dengan jalan membanding-bandingkan susunan lapisan serta makhluk- makhluk yang terdapat dalam lapisan serta makhluk-makhluk yang membantu di dalam endapan-endapan terdalam, maka lambat laun tersusunlahskala waktu relative.
Dengan jalan menyusun ingkatan binatang-binatang purba ini pada waktu hidupnya, maka terjadilah pembagian waktu relative dalam ilmu geologi. Masa tertua dimana belum terdapat sesuatu makhluk hidup itu diberi nama Azoikum, yang berarti tak ada kehidupan. Kemudian menyusul  Proterozoikum, yang berarti masa kehidupan pertama. Selanjutnya masa Paleozoikum atau masa kehidupan purba. Yang diikuti zaman Mesozoikum atau masa pertengahan dari kehidupan, dan zaman Kenozoikum atau masa kehidupan modern.
Paleozoikum dibagi dalam beberapa zaman:
Perm, nama yang berasal dari Rusia ialah tempat dimana lapisan-lapisan yang berumur demikian ditemukan.
Karbon, zat arang dan nama ini dipakai untuk zaman tersebut karena pada waktu itu terdapat pembentuka batubara secara besar-besaran di Eropa, Amerika dan lain-lain benua.
Devon, berasal dari Devonshire, Inggris, dimana lapisan-lapisan demikian sangat bai untuk dipelajari
Silur, juga bersala dari inggris, nama sukubangsa Silures pada zaman romawi
Kambrium, berasa dari Cambria nama lama daerah Wales, dari zaman romawi.
Mesozoikum, juga dapat dibagi dalam tiga zaman
Krataseis atau Kapur, nama berasal dari batuan kapur yang dibentuk banyak sekali pada zaman ini.
Jura, bersaal dari pegunungan Jura diAlpina dimana ditemukan endapan-endapan yang sejenis dengan itu.
Dari uraian di atas dapat kita lihat, bahwa pengertian waktu dalam geologi sangat berlainan dengan pengertian waktu yang kita pakai dalam sejrah manusia atau dalam kehidupan sehari-hari. Sejarah tertua ditaksir umurnya baru setengah sampai 1juta tahun.

Post a Comment for "BAB 6 SKALA WAKTU NISBI ( relative )"