Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Hutan



  E.   Fungsi Hutan



    Sebagai bagian dari cagar lapisan biosfer, hutan memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk di muka buni. Tak hanya manusia, hewan juga memerlukan tumbuhan untuk kelengkapan hidupnya. Oleh sebab itu hutan sangat berfungsi bagi kehidupan makhluk di muka bumi ini.Indonesia adalah sebagai salah satu negara dengan luas hutan terbesar di dunia sangat perlu melakukan konservasi dan pengelolaan hutan untuk kelestarian dan keseimbangan ekosistem alam di bumi. berbagai jenis hutan yang ada di inedonesia memiliki fungsi sebagai berikut.
1.      Menghasilkan oksigen bagi kehidupan.
Hutan adalah kumpulan pepohonan yang berperan sebagai produsen oksigen. Tumbuhan hijau akan menghasilkan oksigen dari hasil proses fotosintesis yang berlangsung di daun tumbuhan tersebut. Dengan jumlah yang sangat banyak dan luas, tentunya hutan sangat banyak dan besar mensuplay oksigen bagi kehidupan di muka bumi ini.
2.      Menyerap karbondioksida
Karbondioksida dibutuhkan tumbuhan untuk proses fotosintesis. Sebuah keseimbangan yang luar biasa yang telah diberikan oleh Allah untuk kehidupan makhluknya. Karbondioksida adalah gas yang sangat berbahaya apabila terlalu banyak dihirup oleh manusia.
Contoh: Apabila kita terlalu banyak menghirup asap kendaraan bermotor dan ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita.
Namun ternyata di sisi lain tumbuhan memerlukan gas tersebut untuk menghasilkan oksigen. Keberadaan hutan memberikan peluang penyerapan karbondioksida yang sangat besar. Inilah fungsi hutan yang Allah ciptakan dan sangat diperlukan untuk semua makhlk yang ada di bumi.
3.      Mencegah erosi dan tanah longsor.
Akar-akar pohon berfungsi sebagai pengikat butiran-butiran tanah. Dengan ada hutan, air hujan tidak langsung jatuh ke permukaan tanah tetapi jatuh ke permukaan daun atau terserap masuk ke dalam tanah. Hutan yang luas akan menampung dan menyerap air lebih banyak. Sedangkan kawasan yang tidk memiliki hutan akan terasa tandus, gersang dan rawan akan bencana banjir dan longsor.
4.      Menyimpan, mengatur, dan menjaga persediaan dan keseimbangan air di musim hujan dan musim kemarau.
5.      Menyuburkan tanah, karena daun-daun yang gugur akan terurai menjadi tanah humus.
Daun-daun yang gugur ataupun yang jatuh akan di makan oleh tumbuhan lain, seperti cacing. Cacing akan memakan dedaunan yang jatuh ataupun yang sudah kering, setelah dia memakannya maka cacing tersebut akan mengekuarkan kotoran dan kotorannya itu yang dapat menyuburkan tanah.
6.      Sebagai sumber ekonomi.
Hutan dapat dimanfaatkan hasilnya sebagai bahan mentah atau bahan baku untuk industri atau bahan bangunan. Yang mana mulai dari kulit pohon, batang pohon sampai getah dan akarnya dapat difungsikan.
Contoh, rotan, karet, getah perca yang dimanfaatkan untuk industri kerajinan dan bahan bangunan.
7.      Sebagai sumber plasma dutfah keanekaragaman ekosistem di hutan memungkinkan untuk berkembangnya keanekaragaman hayati genetika.

Post a Comment for "Fungsi Hutan"