Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB 33 PERKEMBANGAN ALAM VERTEBRATA DALAM PALEOZOIKUM



1. Ikan-ikan Pertama

Menurut perbandingan ,vertebrata merupakan binatang-binatang yang datangnya kemudian dalam sejarah bumi. meskipun sangat sedikit yang kita ketahui tentang prkembangan hidup dalam Prakambrium, tetapi adanya bebrapa kelompok binatang yang sangat terkhususkan, seperti Trilobita dan Brachiopoda dalam Kambriu merupakan jaminan, bahwa perkembangan telah mulai lama sebelumnya. vertebrata yang tertua adalah ikan-ikan, lagipula ikan-ikan airtawar. bertentangan dengan pendapat kebanyakan orang, maka bukanlah lautan lingkungan yang asli terdapat terjadinya binatang-binatang bertulang-punggung. pernafasan ikan berjalan dengan masuknya air melalui mulut dan keluar melalui lubang-lubgan insang. pada ketika itu air melampaui insang-insangnya. pada sisi belakang rongga mulut, erdapat beberapa lempeng tulang yang dapat bergerak yang mungkin digunakan untuk menanam makanan barangkali makanannya untuk sebagian besar dari lumpur.
a. Placodermi
Dalam zaman devon kita lihat timbulnya sekelompok ikan baru, tetapi kini dengan perlengkapan rahang dan sirip: Placodermi  juga ikan-ikan ini pada sebelah luarnya mempunyai kulit pelindung terdiri dari lempeng-lempeng tulang, tetapi lebih mudah bergerak daripada Agnantna. rahangnya pada placodermi masih jeas persesuaiannya dengan bentuknya yang asal. tetapi sebagian daripada rangka kulitnya telah memisahkan diri, dan menempel kepada lengkung-lengkung insang sebagai gigi.
b. Chodrochtyes atau sebangsa ikan hiu
sudah semenjak jaman Devon telah timbul suatu kelompok binatang yang hingga kini masih sangat banyak dalam lautan, yaitu ikan-ikan tulangrawan. ikan hiu dan ikan pari masuk kelompok tersebut. menjolok sekali, bahwa binatang-binatang ini yang bercirikan rangka yang tidak seberapa mengandun gamping, sepanjang sejarahnya tidak banyak mengalami perubahan.
c. Dipnoi ( ikan paru-paru )
wakil-wakil yang kini masih hidup, telah orang diantaranya  dari afrika dan tralia. rangka binatang-binatang ini terdiri dari tulang yang sesungguhnya tetap kepalannya pada sebuah luarnya masih tertutup oleh kulit pelindung terjadi dari lempeng-lempeng kulit yang sederhana ( pada ikan-ikan yang telah berkembang lebih lanjut lempeng-lempeng ini terdapat bawah kulit ).merupakan bagian yang tak dapat dipisah-pisahkan dari rangka kepala. unsur-unsur anatomi yang aneh selanjutnya ialah adanya sebuah mapineal, suatu alat ditengah kepala yang mempunyai hubungan dengan alat luar dengan pertolongan sebuah lubang. guna alat itu belum diketahui secara benar.
d. Amfibia
Amfibia yang tertua kita rangkumkan dengan nama Labyrinthodontia yang dikenal orang dari Devon atas dan Karbon bawahdi tanah hijau.
e. Reptilia yang tertua
Dengan munculnya Reptilia mulailah suatu tingkat dalam perkembangan Vertebrata yang baru samasekali tidak bergantungnya kepada air sebagai tempat hidup. apa yang kita ketahui tentang cara hidup Amfibia selama Paleozoikum tidak seberapa banyaknya. tetapi sangatlah mungkin, bahwa binatang itu masih bergantung sekali kepada air dan tidak dapat meninggalkan air sampai jauh. faktor yang terpenting disini adalah caranya berkembang biak : seperti halnya dengan pada waktu sekarang Amfibia itu tentu bertelur dallam air, sedangkan yang khas bagi Reptilia ialah bahwa hal itu tidak lagi perlu. reptilia yang timbul selama zaman Karbon dan Perm dapat kita bagi berdasarkan susunan tengkoraknya, kita bedakan :

a. anapsida, tengkorak tanpa lubang-lubang dibelakang mata
b. Sinapsida, dengan sebuah lubang dibelakang mata, dibatasi oleh postrobitale dan sqamosum
c. parapsida, dengan sebuah lubang dibelakang mata, dibatasi oleh postfrontale dan supratemperale
d. eurapsyda, dengan sebuah lubang dibatasi oleh postorbitale, sqamosum dan temperale
d. diapsida, dengan dua buah lubang dibelakang mata. lubang-lubang itu gunanya untuk meringankan tengkorak, dengan tidak menghilangkan kekuatannya.
tingkat yang paling primitif adalah tengkorak anapsida.

f. Nenek moyang binatang menyusui
Pelycosauria adalah nenekmoyang therapsida, termasuk reptilia yang mempunyai tengkorak sinapsida yang selama zaman Perm dan Trias penyebarannya luas diseluruh dunia, diantaranya kita lihat lagi perkembangan bentuk-bentuk raksasa yang juga memakan tumbuhan dan bentuk-bentuk yang lebih detail juga memakan daging. yang menarik pada kelompok ini adalah perkembangna tengkorak dan geliginya, disini untuk pertama kali kita lihat diferensiasi geraham-gerahamnya yaitu yang sangat cepat bagi binatang-binatang menyusui. kita belum dapat mengatakan apakah Ictidosauria itu binatang yang melahirkan atau seperti binatang berparuh yang kini masih hidup, yang bertelur tetapi menyusui anak-anaknya. pada akhir zaman Perm, kelompok itu dapat dikatakan punah, sama sekali dan mulalilah reptilia diapsida menjadi binatang yang terpenting diantaranya terdapat Dinosaurus yang perkembangannya akan dibicarak

Post a Comment for "BAB 33 PERKEMBANGAN ALAM VERTEBRATA DALAM PALEOZOIKUM"