Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MODEL PEMBELAJARAN 1



MODEL PEMBELAJARAN

Ada enam komponen dari rencana pembelajaran
tersebut.adalah: 
 1)      Tema/topik,
berisi nama tema/topik yang akan diajarkan. Tema/topik tersebut diambil dari kurikulum (silabus) IPS pada semester yang sesuai bagi pembelajaran keterampilan sosial, bermakna dan dekat dengan kehidupan / keseharian siswa.
 2)      Tujuan Pembelajaran,
 merupakan sasaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
Tujuan tersebut berisi rumusan kompetensi yang diharapkan dikuasai oleh para siswa. Tujuan pembelajaran terbagi dua, yaitu tujuan pembelajaran umum dan tujuan pembelajaran khusus. Tujuan pembelajaran umum, berisi rumusan
kompetensi dasar berkenaan dengan topik yang akan diajarkan, sedang tujuan pembelajaran khusus, berisi rumusan indikator-indikator dari topik yang akan diajarkan.   3)      Materi Pembelajaran,
 merupakan isi atau substansi bahan yang EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya http://educare.e-fkipunla.net Generated: 25 September, 2010, 04:30akan diajarkan, yang menunjang penguasaan kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran ini hanya memuat garis-garis besar bahan ajaran yang merupakan rincian dari topik pembelajaran.
  4)      Model Pembelajaran,
berisi rumusan tentang model pembelajaran kooperatif dengan variasi metode yang akan digunakan. Jenis metode yang digunakan dalam setiap pertemuan tidak selalu sama, disesuaikan dengan topik dan kompetensi yang akan dicapai. Metode-metode tersebut pada umumnya merupakan metode yang berisi kegiatan yang mengaktifkan siswa (seperti bekerja dan diskusi kelompok, presentasi, menanggapi, mengemukakan pendapat, (memimpin), dalam berbagai kegiatan kelompok, bersifat inkuiri atau diskaveri yang bermakna. Meskipun demikan tidak berarti tidak boleh menggunakan metode yang bersifat ekpositori dan klasikal, kalau diperlukan sesuai topik dan kompetensi yang akan dicapai metode- metode tersebut juga dapat digunakan.
  5)      Media dan Sumber Pembelajaran,
 berisi rumusan tentang media atau alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk membantu memperjelas atau mempermudah penguasaan materi atau
kompetensi yang ingin dicapai. Media pembelajaran dapat menggunakan media yang sudah ada di sekolah atau diadakan oleh guru dan siswa. Sumber pembelajaran dapat berupa buku, majalah dan bahan cetak lain, bahan elektronik, orang atau nara sumber, dan sumber pembelajaran yang ada di lingkungan masyarakat
  6)      Evaluasi Pembelajaran,
merupakan kegiatan untuk mengukur dan menilai pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Evaluasi ini meliputi evaluasi proses dan evaluasi hasil pebelajaran. Evaluasi proses ditujukan untuk menilai perilaku atau
keterampilan sosial siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran, seperti bekerja dan diskusi dalam kelompok kecil, kelompok sedang, kelompok besar dan dalam kelas. Evaluasi hasil ditujukan untuk mengukur dan menilai tingkat
penguasan siswa dalam kompetensi dan materi yang dirumuskan dalam tujuan. Pengukuran menggunakan kuis, tes obyektif dan uraian.

Post a Comment for "MODEL PEMBELAJARAN 1"