RPP SMP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Trimulya
|
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS Terpadu
|
Kelas/Semester
Pertemuan
|
:
:
|
VII (Tujuh)/ (Satu)
Pertama
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman
bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
A. Indikator:
1. Kognitif
a) Produk
·
Menjelaskan bentuk-bentuk muka bumi
daratan dan dasar laut.
·
Mendeskripsikan
proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
b) Proses
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi
daratan dan dasar laut.
·
Mengidentifikasi proses alam endogen yang menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi.
2. Psikomotor
Menggambar bentuk
muka bumi daratan dan lautan.
3. Afektif
a) Karakter
Cinta lingkungan, disiplin, rasa hormat dan perhatian, tanggung jawab,
dan ketelitian.
b) Keterampilan Sosial
Keterampilan dalam
hal bertanya, memberikan ide atau pendapat,
menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dengan baik, dan merumuskan
kesimpulan.
B. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a) Produk
·
Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk muka bumi
daratan dan dasar laut.
·
Siswa
dapat mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk
muka bumi.
b) Proses
·
Siswa
diberikan media gambar untuk melakukan identifikasi, menunjukkan, dan menganalisis bentuk-bentuk
muka bumi.
·
Siswa
diberikan media gambar untuk melakukan identifikasi, menunjukkan, dan menganalisis proses endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka
bumi.
2. Psikomotor
Menggambar bentuk muka bumi daratan dan
lautan.
3. Afektif
a) Karakter
Siswa dapat menumbuhkan rasa cinta
lingkungan, disiplin,
rasa hormat dan perhatian, baik kepada guru maupun kepada teman sebayanya,
serta memiliki tanggung jawab dan penuh ketelitian selama proses pembelajaran
berlangsung.
b) Keterampilam Sosial
Selama proses
pembelajaran mengenai pembentukan
muka bumi dan bentuk muka bumi, siswa dapat menunjukkan
keterampilan sosial seperti bertanya, mendengar pendapat orang lain, menerima kritik dan
saran, serta berkomunikasi dengan baik.
C. Materi Pembelajaran
·
Bentuk-bentuk muka bumi.
·
Proses alam endogen yang
menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
D. Model/Metode Pembelajaran
·
Model : Pembelajaran Kooperatif.
·
Metode : Ceramah, tanya jawab, dan penugasan.
E. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan
-
Salam pembuka, do’a
-
Melakukan absensi kelas
-
Melakukan apersepsi
-
Motivasi
Ø
Menyampaikan Tujuan atau Kompetensi
Dasar
Ø
Sekilas menginformasikan materi pembelajaran
|
5’
|
2.
|
Kegiatan Inti
a) Eksplorasi
-
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai topik/tema materi yang berkaitan
dengan tenaga
endogen pembentuk muka bumi.
-
Guru bertanya mengenai bentuk muka bumi di sekitar lingkungan sekolah
b)
Elaborasi
-
Guru memberikan materi
mengenai bentuk-bentuk muka bumi dengan menggunakan metode ceramah.
-
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk bertanya
-
Guru
memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan temannya
-
Guru memberikan penghargaan
kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaaan dengan benar
c) Konfirmasi
-
Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar dalam mempelajari tenaga endogen pembentuk muka bumi.
-
Guru menjawab pertanyaan dari siswa yang mengalami
kesulitan.
-
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai materi yang telah dipelajari untuk
melakukan umpan balik
-
Guru memberi post test
berupa soal pilihan jamak.
|
65’
|
3.
|
Kegiatan Penutup
-
Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti.
-
Guru memberi tugas individu untuk membuat tulisan mengenai bentuk muka bumi di sekitar
kita. Tugas ini dikumpulkan pada
pertemuan berikutnya.
|
10’
|
F. Sumber/ Bahan/ Alat
Belajar
-
Petunjuk Teknis
Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus - BSNP
-
Buku sumber
Geografi 1 kelas VII SMP Grafindo
-
Buku IPS Terpadu kelas
VII SMP Erlangga
-
Media Gambar
G.
Penilaian
Jenis Tagihan : Tugas individu
Bentuk tagihan : Tes tertulis (pilihan jamak)
SOAL
PILIHAN JAMAK
1. Tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan
keanaekaragaman bentuk di muka bumi
disebut …...
a.
Tenaga
Endogen
b.
Tenaga
eksogen
c.
Tenaga
pembentuk bumi
d.
Tenaga nuklir
2.
Proses yang berhubungan
dengan gunung berapi adalah ….
a.
Diatropisme
b.Endogen
c.
Eksosgen
d.
Vulkanisme
3. Dibawah ini merupakan proses endogen
pembentuk muka bumi, kecuali….
a.
Diatropisme
b.
Vulkanisme
c.
Pelapukan
d.
Gempabumi
4. Bagian
permukaan bumi yang menjulang ke atas dan lebih tinggi daripada daerah
sekitarnya disebut…..
a.
Gunung
b. Pegunungan
c.
Daratan rendah
d.
Dataran tinggi
5. Gerak yang menyebabkan
turunnya daratan sehingga seolah-olah permukaan airnya naik disebut gerak…
a.
Orogenesa
b.
Epirogenesa negatif
c.
Orogenasa positif
d.
Epirogenesa positif
Lembar
Aktivitas Siswa
Tugas
Mandiri:
Membuat tulisan mengenai
bentuk muka bumi di sekitar kita
KUNCI
JAWABAN
1.
A
2.
B
3.
C
4.
A
5.
D
PEDOMAN PENILAIAN
SKOR: Setiap
jawaban benar diberi skor 20 sehingga total
nilai: 20 x
5 = 100
Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 – 79
|
Cukup
|
2
|
56 – 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Trimulyo, Juli 2012
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Nuryati Hendri Kuswanto
NIP NPM 0913034089
Mengetahui,
Kepala SMP Trimulyo
NIP
Post a Comment for "RPP SMP"