Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah              
:
SMP Trimulya
Mata Pelajaran                
:
IPS Terpadu
Kelas/Semester   
Pertemuan               
:
:
VII (Tujuh)/  (Satu)
Pertama
Standar Kompetensi       
:
1.    Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar          
:
1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Alokasi Waktu                
:
2 x 40 menit

A.  Indikator:
1.    Kognitif
a)    Produk
·         Menjelaskan bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
·         Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
b)   Proses
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
·         Mengidentifikasi proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.

2.    Psikomotor
Menggambar bentuk muka bumi daratan dan lautan.

3.    Afektif
a)   Karakter
Cinta lingkungan, disiplin, rasa hormat dan perhatian, tanggung jawab, dan ketelitian.

b)   Keterampilan Sosial
Keterampilan dalam hal bertanya, memberikan ide atau pendapat,  menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dengan baik, dan merumuskan kesimpulan.

B.  Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
a)   Produk
·         Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
·         Siswa dapat mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
b)   Proses
·         Siswa diberikan media gambar untuk melakukan identifikasi, menunjukkan, dan menganalisis bentuk-bentuk muka bumi.
·         Siswa diberikan media gambar untuk melakukan identifikasi, menunjukkan, dan menganalisis proses endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.

2.    Psikomotor
Menggambar bentuk muka bumi daratan dan lautan.

3.    Afektif
a)   Karakter
Siswa dapat menumbuhkan rasa cinta lingkungan, disiplin, rasa hormat dan perhatian, baik kepada guru maupun kepada teman sebayanya, serta memiliki tanggung jawab dan penuh ketelitian selama proses pembelajaran berlangsung.
b)   Keterampilam Sosial
Selama proses pembelajaran mengenai pembentukan muka bumi dan bentuk muka bumi, siswa dapat menunjukkan keterampilan sosial seperti bertanya, mendengar pendapat orang lain, menerima kritik dan saran, serta berkomunikasi dengan baik.

C.  Materi Pembelajaran
·         Bentuk-bentuk muka bumi.
·         Proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.

D.  Model/Metode Pembelajaran
·         Model   : Pembelajaran Kooperatif.
·         Metode : Ceramah, tanya jawab, dan  penugasan.

E.  Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
-          Salam pembuka, do’a
-          Melakukan absensi kelas
-          Melakukan apersepsi
-          Motivasi
Ø Menyampaikan Tujuan atau Kompetensi Dasar
Ø Sekilas menginformasikan materi pembelajaran
5’

2.
Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
-        Guru bertanya kepada peserta didik mengenai topik/tema materi yang berkaitan dengan tenaga endogen pembentuk muka bumi.
-        Guru bertanya mengenai bentuk muka bumi di sekitar lingkungan sekolah
b)     Elaborasi
-        Guru memberikan materi mengenai bentuk-bentuk muka bumi dengan menggunakan metode ceramah.
-        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
-        Guru memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan temannya
-        Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaaan dengan benar
c)    Konfirmasi
-        Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar  dalam mempelajari  tenaga endogen pembentuk muka bumi.
-        Guru menjawab pertanyaan dari siswa yang mengalami kesulitan.
-        Guru bertanya kepada peserta didik mengenai  materi yang telah dipelajari untuk melakukan umpan balik
-        Guru memberi post test berupa soal pilihan jamak.

65
3.
Kegiatan Penutup
-        Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
-        Guru memberi tugas individu untuk membuat tulisan mengenai bentuk muka bumi di sekitar kita. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
10’

F.   Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-        Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus - BSNP
-        Buku sumber Geografi 1  kelas VII SMP Grafindo
-        Buku IPS Terpadu kelas VII SMP Erlangga
-        Media Gambar

G. Penilaian
    Jenis Tagihan            : Tugas individu
    Bentuk tagihan         : Tes tertulis (pilihan jamak)

SOAL PILIHAN  JAMAK

1.    Tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan keanaekaragaman bentuk di muka bumi disebut …...

a.       Tenaga Endogen                                
b.      Tenaga eksogen
c.       Tenaga pembentuk bumi
d.      Tenaga nuklir


2.      Proses yang berhubungan dengan gunung berapi adalah ….

a. Diatropisme
b.Endogen
c. Eksosgen
d.      Vulkanisme


3. Dibawah ini merupakan proses endogen pembentuk muka bumi, kecuali….

a.    Diatropisme
b.   Vulkanisme
c.    Pelapukan
d.   Gempabumi


4. Bagian permukaan bumi yang menjulang ke atas dan lebih tinggi daripada daerah sekitarnya disebut…..

a. Gunung
b. Pegunungan
c.  Daratan rendah
d.       Dataran tinggi


5. Gerak yang menyebabkan turunnya daratan sehingga seolah-olah permukaan airnya naik disebut  gerak…
a.        Orogenesa
b.       Epirogenesa negatif
c.        Orogenasa positif
d.       Epirogenesa positif

Lembar Aktivitas  Siswa
Tugas Mandiri:
Membuat tulisan mengenai bentuk muka bumi di sekitar kita

KUNCI JAWABAN
1.   A
2.   B
3.   C
4.   A
5.   D
PEDOMAN PENILAIAN

SKOR:  Setiap jawaban benar diberi skor 20 sehingga  total nilai: 20 x 5 = 100
Kriteria Penilaian:
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55


        Trimulyo,           Juli 2012
Guru Pamong                                                          Mahasiswa PPL




Nuryati                                                                    Hendri Kuswanto
NIP                                                                         NPM 0913034089

Mengetahui,
Kepala SMP Trimulyo





NIP

Post a Comment for "RPP SMP"