Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deskripsi negara PARAGUAY





BAB I
PENDAHULUAN

a.      Latar Belakang

Berkas:South America satellite orthographic.jpg


















Geografi adalah ilmu yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer melalui sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan, dalam kajianya negara merupakan suatu bentuk identitas wilayah dengan kedaulatan masing-masing.
Dari sudut pandang kewilayahaan nya dapat di bedakan antara Negara maju dan Negara berkembang. Banyak nya Negara yang masih berkembang menjadi perhatian khusus bagi kita seorang pelajar utuk mengidentifikasikan keadaan Negara Negara tersebut . Salah satu yang banyak tersebar negara berkembang yaitu di benua Amerika. Amerika Selatan adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.
Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.
Diduga Amerika Selatan didiami pertama kali oleh manusia yang bermigrasi dari Asia melalui Tanah Genting Bering (sekarang merupakan Selat Bering) menuju Amerika Utara dan ke selatan menuju Amerika Selatan. Dugaan lain tentang hal migrasi tersebut ke Amerika Selatan adalah dari bagian selatan Samudera Pasifik melalui kepulauan di Oceania.
Luas area Amerika Selatan berada pada peringkat keempat setelah Asia, Afrika dan Amerika Utara sedangkan populasinya terdapat pada peringkat kelima setelah Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Utara.

b.      Tujuan

Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.       Dapat mengetahui deskripsi Benua Amerika secara umum.
2.       Dapat mengetahui deskripsi dan perkembangan Negara Paraguay serta  unsure-unsur geografis yang ada didalamnya






BAB II
PEMBAHASAN


Negara Paraguay

Nama negara ini bermakna "air yang mengalir ke samudra", berasal dari kata Guaranípará ("samudra"), gua ("ke/dari"), dan y ("air", "sungai", atau "danau"). Belum ada kesimpulan akhir tentang nama asli dari "Paraguay". Yang paling umum pun bermacam-macam perkiraan, antara lain:
1.      Sungai yang berasal dari laut
2.      Fray Antonio Ruiz de Montoya mengatakan itu berarti "sungai yang ramai"
3.      Militer dan ilmuwan Spanyol Félix de Azara memiliki dua versi: "air dari Payaguas (Payaguá-dan Payagua-i), mengacu pada keanegaraman hayati di pesisir sungai, dan yang lain adalah karena nama seorang kepala besar disebut "Paraguaio"

a.      Teritorial Paraguay
§  Luas Total                               406,750 km2
§  Lokasi                                     : Amerika Selatan                                           
§  Ibu Kota Negara                     : Asuncion
§  Batas Wilayah:
    Sebelah utara                       : Bolivia, Brasil
    Sebelah Barat                      : Argentina, Bolivia
    Sebelah Timur                     : Brasil
    Sebelah Selatan                   : Argentina

b.   Sejarah Paraguay

India berbicara Guaraní-bahasa yang paling umum di Paraguay, setelah Spanyol-adalah penduduk pertama di negara itu. Pada 1526 dan sekali lagi pada 1529, Sebastian Cabot dieksplorasi Paraguay ketika ia berlayar ke sungai Parana dan Paraguay. Dari 1608 sampai pengusiran mereka dari kekuasaan Spanyol pada tahun 1767, para Yesuit mempertahankan suatu usaha yang luas di selatan dan timur dari Paraguay. Di tahun 1811, Paraguay memberontak terhadap kekuasaan Spanyol dan menjadi sebuah republik nominal di bawah dua konsul.
Paraguay diperintah oleh tiga diktator selama 60 tahun pertama kemerdekaan. Yang ketiga, Francisco Lopez, mengobarkan perang melawan Uruguay, Brasil, dan Argentina di 1865-1870, konflik di mana setengah populasi laki-laki terbunuh. Sebuah konstitusi baru pada tahun 1870, dirancang untuk mencegah kediktatoran dan perselisihan internal, gagal untuk melakukannya, dan tidak sampai tahun 1912 melakukan periode stabilitas ekonomi dan politik komparatif dimulai. Perang Chaco (1932-1935) dengan Bolivia memenangkan wilayah Paraguay lebih barat.
Setelah Perang Dunia II, politik menjadi tidak stabil khususnya. Alfredo Stroessner adalah diktator dari tahun 1954 sampai tahun 1989, di mana ia dituduh penyiksaan dan pembunuhan ribuan lawan politik. Meskipun catatan hak asasi manusia Paraguay, AS terus didukung Stroessner.
Stroessner digulingkan oleh tentara pimpinan Jenderal Andres Rodriguez pada tahun 1989. Rodriguez kemudian memenangkan pemilu Paraguay multicandidate pertama dalam beberapa dasawarsa. Paraguay konstitusi baru mulai berlaku pada tahun 1992. Pada tahun 1993, Juan Carlos Wasmosy, seorang pengusaha kaya dan kandidat dari Partai Colorado yang mengatur, memenangkan masa jabatan lima-tahun dalam pemilihan umum yang bebas.
Raúl Cubas Grau terpilih sebagai presiden pada Mei 1998. Pada tahun 1999, Cubas dipaksa dari kantor untuk keterlibatannya dalam pembunuhan Wakil Presiden Luis María Argana. Bahwa wakil presiden telah dikritik karena menolak Cubas ke penjara mentornya, Jenderal Lino Oviedo, yang telah dihukum karena memimpin kudeta 1996 yang gagal terhadap Wasmosy. Oviedo akhirnya ditangkap pada tahun 2004 dan dipenjara.
Luis Ángel González Macchi, ditunjuk sebagai presiden sementara setelah Cubas turun, dituduh kesalahan penanganan $ 16 juta pada dana negara, dan pada tahun 2006 ia dijatuhi hukuman enam tahun penjara. Mantan wartawan Nicanor Duarte Frutos menjadi presiden pada 15 Agustus, 2003. Dia telah berjanji untuk membersihkan korupsi yang merajalela di negaranya hampir bangkrut. Paraguay telah resesi berlarut-larut sejak akhir 1990-an.
Pada tanggal 22 April 2008, Fernando Lugo, mantan Roma Katolik Uskup, terpilih sebagai presiden Paraguay mengalahkan calon Partai Colorado, Blanca Ovelar de Duarte, sebesar 10 poin persentase. Kemenangan Lugo berakhir 61 Partai Colorado tahun dalam kekuasaan-sistem birokrasi dan patronase didirikan pada tahun 1887. Fernando Lugo dilantik sebagai presiden pada 15 Agustus 2008.

c.       Pembagian Administratif
Paraguay dibagi menjadi tujuh belas departemen dan satu distrik ibukota .
    
Department
Capital
1
2
3
4
5
6
7
8
9

    
Department
Capital
10
11
12
13
14
15
16
17
18

d.      Kondisi Geografis
Negara dengan dataran tinggi tebal menetap di lereng berumput yang condong ke arah Sungai Paraguay. Sebagian besar wilayah ke barat ditutupi dengan rawa-rawa, laguna, hutan lebat, dan hutan.

e.       Kondisi Sosial
Mata uang                   : Guaraní (PYG)
Bahasa resmi               : Spanyol
Populasi (2009)           : 6.995.655  Jiwa
Tingkat pertumbuhan  : 2,3% per tahun
Suku bangsa                : Spanyol, Indian, blasteran                                                         
Dengan jumlah penduduk “hanya” 6,9 juta jiwa, negara dengan luas wilayah 406.750 km2 ini seharusnya bisa memakmurkan rakyatnya. Namun karena negara salah urus; sempat dikuasai oleh kediktatoran selama 39 tahun, korupsi dan nepotisme merajalela, dan lebih dari sepertiga penduduknya adalah petani tanpa tanah; maka label negara termiskin di Amerika Latin  itu terpaksa disandangnya.

f.       Kondisi Perekonomian
Pendapatan utama negara ini bersumber dari produk-produk pertanian, terutama kedelai dan produk turunannya yang menyumbang lebih dari setengah hasil ekspornya, pada tahun 2007 tercatat 2.390 juta dolar AS.  Tingkat pertumbuhan ekonominya sebenarnya cukup bagus, yaitu 6,4 persen per tahun.

g.      Kondisi Politik Paraguay Terkini
Fernando Lugo Mendez bukan konglomerat atau politisi bergelimang uang. Mantan uskup ini hanya pekerja sosial yang kere. Tapi sungguh tak disangka, penganut sosialisme yang mendalami ajaran Pancasila ini malah menolak mendapat gaji selaku Presiden Paraguay, yang diumumkannya pada malam sebelum pelantikannya, Jumat, 16 Agustus lalu. Keputusan Lugo ini adalah keajaiban terbesar di dunia politik, sepanjang sejarah demokrasi di jagat raya ini. Sendirian dia melawan arus besar yang berlaku di semua negara, termasuk di AS, di mana jabatan presiden memberikan privilese serta kesempatan memperkaya diri dan kelompok. Keputusan Lugo yang mencengangkan itu disambut gembira oleh ribuan pendukungnya.
Namun, Presiden Ekuador Rafael Correa mengingatkan dengan cemas,”Begitu Lugo mulai mengubah berbagai hal, serangan akan dimulai.” Serangan dimaksud bakal berasal dari kalangan kapitalis, termasuk kekuatan politik yang berkiblat ke AS. Bukanlah kebetulan jika semua pemimpin sosialis Amerika Latin hadir dalam acara pelantikan Fernando Lugo, yang berlangsung sederhana di ibukota Asuncion.. Mereka dipersatukan oleh semangat anti-Amerika Serikat, atau setidak-tidaknya berani melawan dan mengatakan TIDAK terhadap negara adi kuasa itu. Sebaliknya negara-negara yang dipimpin para politisi konservatif yang pro Amerika, yaitu Meksiko, Kolumbia, Peru, hanya mengirim utusan. Para presiden beraliran sosialis yang hadir dalam pelantikan “presiden kaum miskin” itu antara lain Hugo Chavez dari Venezuela, Luiz Inacio Lulada Silva (Brasil), Cristina Kirchner (Argentina), Michelle Bachelet (Cili), Evo Morales (Bolivia), dan Rafael Correa (Ekuador). Kehadiran mereka membuat acara pelantikan tersebut menjadi semacam perayaan kebangkitan sosialisme gaya baru di bumi Amerika Latin.
Fernando Lugo, 56 tahun, memenangkan pemilu presiden Paraguay pada April lalu. Sebelumnya dia bekerja sebagai uskup Katolik di wilayah-wilayah miskin negara yang bertetangga dengan Brasil, Argentina, dan Bolivia itu. Dia mendapat izin cuti sementara dari Vatikan, memenangkan pemilu, dan menjadi uskup pertama di dunia yang berhasil memenangkan pemilihan presiden. Gaji presiden Paraguay lebih kecil dibanding gaji anggota DPR-RI TAHUKAH Anda berapa gaji seorang presiden di Paraguay ? Menurut kantor berita Associated Press, gaji presiden Paraguay adalah sebesar 4.000 dolar AS atau sekitar Rp.37 juta per bulan. Sangat kecil dibandingkan gaji anggota DPR-RI, yaitu sebesar Rp.49 juta per bulan. Dan makin kecil lagi dibandingkan gaji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekitar Rp.150 juta per bulan.
Dengan menolak mendapat gaji, pengagum pemikiran Bung Karno ini akan benar-benar menjadi relawan di tampuk kekuasaan Paraguay. Lugo akan menjadi satu-satunya pimpinan negara di dunia yang murni volunteeralias bekerja tanpa mendapat upah. Luar biasa! Memang, dia naik ke puncak kekuasaan di negara itu, berkat dukungan kaum miskin, terutama para petani tanpa tanah dan serikat buruh. Mungkin keputusannya itu adalah wujud solidaritas paling nyata kepada kalangan miskin, yang mencapai 35,6 persen dari total populasi. Tindakan mulia Fernando Lugo ini cocok betul dengan semboyan kampanye Sutrisno Bachir : karena hidup adalah perbuatan. Sekarang giliran Sutrisno dan para pemimpin Indonesia lainnya untuk mencontoh tindakan nyata Lugo : karena hidup adalah perbuatan nyata ! Hidup adalah melayani… Petani tak memiliki tanah PARAGUAY adalah negara paling miskin di kawasan Amerika Latin. Pendapatan utama negara ini bersumber dari produk-produk pertanian, terutama kedelai dan produk turunannya yang menyumbang lebih dari setengah hasil ekspornya, yang pada tahun 2007 tercatat 2.390 juta dolar AS. Tingkat pertumbuhan ekonominya sebenarnya cukup bagus, yaitu 6,4 persen per tahun. Dengan jumlah penduduk “hanya” 6,5 juta jiwa, negara dengan luas wilayah 406.762 km persegi ini seharusnya bisa memakmurkan rakyatnya. Namun karena negara salah urus; sempat dikuasai oleh kediktatoran selama 39 tahun, korupsi dan nepotisme merajalela, dan lebih dari sepertiga penduduknya adalah petani tanpa tanah; maka label negara termiskin di kawasan itu terpaksa disandangnya.
Cobaan di hari pertama berkuasa : obat dan BBM menghilang dari pasar KEMENANGAN Lugo yang mengejutkan telah mengakhiri dominasi Partai Colorado selama 61 tahun di negeri yang cantik itu. Tapi bukan tidak mungkin, “Golkar”-nya Paraguay itu akan kembali berkuasa, jika pemerintahan koalisi yang dipimpin Lugo gagal meredam anarkisme yang timbul akibat euforia di kalangan petani miskin. Segera setelah memastikan Lugo menang dalam pemilu, para petani tanpa tanah langsung menyerobot tanah-tanah pertanian yang dikuasai perusahaan-perusahaan besar.
Pada saat yang sama pememerintahan Lugo yang baru berusia sehari sudah langsung digoyang oleh para kapitalis, dengan cara menimbun BBM yang mengakibatkan barang vital itu menghilang dari pasar. Obat-obatan juga raib dari rak-rak apotik. Ini bisa menimbulkan krisis.









BAB III
PENUTUP



KESIMPULAN

Geografi adalah ilmu yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer melalui sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan, dalam kajianya negara merupakan suatu bentuk identitas wilayah dengan kedaulatan masing-masing.
Dari sudut pandang kewilayahaan nya dapat di bedakan antara Negara maju dan Negara berkembang. Salah satu yang banyak tersebar negara berkembang yaitu di benua Amerika. Amerika Selatan adalah sebuah benua yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.
Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat. Dan salah satu negara yang ada di Amerika Selatan adalah Paraguay.
Paraguay adalah negara dengan dataran tinggi tebal menetap di lereng berumput yang condong ke arah Sungai Paraguay. Sebagian besar wilayah ke barat ditutupi dengan rawa-rawa, laguna, hutan lebat, dan hutan.
Pendapatan utama negara ini bersumber dari produk-produk pertanian, terutama kedelai dan produk turunannya yang menyumbang lebih dari setengah hasil ekspornya, pada tahun 2007 tercatat 2.390 juta dolar AS.  Tingkat pertumbuhan ekonominya sebenarnya cukup bagus, yaitu 6,4 persen per tahun.

Post a Comment for "Deskripsi negara PARAGUAY"