Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deskripsi negara DOMINIKA





I.         CIRI KHAS KAWASAN


1.1  Keadaan Alam Dominika


Gambar 1. Peta Negara Dominika

Dominika mempunyai luas 739 Km2. Negara ini termasuk salah satu pulau dari Kep. Windward di Antilla Kecil, sebagian di tutup hutan tropis, terutama pegunungan di bagian tengah. Wilayah hutan mencakup 41% luas pulau seluruhnya. Pulau ini merupakan daerah vulkanis. Di negara ini banyak sungai dangkal yang menjadi sumber air minum dan tenaga listrik. Beberapa pegunungan di bagian utara dan selatan mencapai ketinggian lebih dari 1.200 m. Dataran rendah terdapat di sepanjang pantai. Pulau Vulkanik yang bergunung-gunung dengan banyak mata air panas, Dominika memiliki beragam flora dan fauna serta sejumlah cagar alam.
Punggung pegunungan tertinggi mendominasi wilayah Dominika. Lereng-lereng pegunungan turun ke pantai dan dilintasi lebih dari 300 aliran sungai besar dan kecil. Daerah pegunungan ditutupi oleh hutan perpohonan kayu keras dan semak belukar. Banyak lahan di wilayah ini dijadikan taman nasional atau cagar alam yang dilindungi. Beragam flora dan fauna, terutama lebih dari 130 spesies burung, hidup di pulau ini. Banyak satwa, seperti oposum (semacam tupai), iguana, kepiting, dan udang air tawar dikumpulkan sebagai sumber pangan. Suplai listrik sebagian besar dari pembangkit listrik tenaga air yang berada diwilayah bagian tengah.

Perbedaan suhu antara musim panas dan musim dingin di Dominika tidak begitu besar. Pada musim panas, suhu jarang lebih dari 32˚C, sedangkan musim dingin jarang dibawah 18˚C. Udara yang sangat panas terjadi pada bulan Juli, dan pada bulan Desember sampai Maret negara ini memiliki cuaca yang sejuk. Curah hujan kota Roseau di bagian pantai barat daya, sekitar 2.010 mm per tahun, dan di daerah pegunungan sekitar 10.000 mm per tahun. Negara ini sering dilanda bencana angin topan. Salah satu bencana terbesar terjadi pada tahun 1979 yang menyebabkan lebih dari 50 orang tewas.
1.2  Keadaan Penduduk
Populasi penduduk Dominika sebanyak 73.000 jiwa. Kebanyakan penduduk Dominika adalah orang Negro Afrika (89%) dan mulatto yaitu peranakan kulit putih dan Negro (73%), sedangkan persentase keturunan Indian Karibia sangat kecil. Penduduk Negro di pulau ini adalah keturunan Afrika yang dipekerjakan di perkebunan-perkebunan tebu sebagai budak pada abad ke-18.

Dominika adalah salah satu dari sedikit pulau di Karibia di mana penduduk Indian aslinya menolak menjadi koloni Eropa sampai akhir abad ke-18. Sekitar 3.000 keturunan Indian Karibia masih tinggal di pulau ini.

Dalam bidang pendidikan (1983), Dominika telah mempunyai 66 sekolah dasar yang menampung 17.456 murid, dan 9 sekolah menengah serta sekolah kejuruan yang menampung 3.355 siswa. Tingkat buta huruf negara ini rendah. Pada tahun 1981, terdapat sekitar 95% penduduk berusia 15 tahun keatas yang telah melek huruf.
Gambar 2. Keadaan Penduduk Negara Dominika

Sekitar 80% dari penduduk tinggal di pedesaan dan sisanya tinggal di kota. Kota terbesar dan yang paling banyak penduduknya adalah Roseau, yaitu ibu kota Dominika sebanyak 20.000 jiwa. Kota-kota besar lainnya adalah Marigot, St. Joseph, dan Portsmouth. Gaya hidup masyarakat meniru mode Barat, baik model rumah maupun pakaian. Mayoritas penduduk kota berbicara dalam bahasa Inggris, yang merupakan bahasa resmi negara tapi penduduk yang tinggal di pedesaan berbicara dalam bahasa yang disebut French patois, yaitu gabungan bahasa Afrika dan Perancis. Ada pula penduduk yang menggunakan bahasa Kreol, Perancis. Sekitar 77% penduduk beragama Khatolik Roma, selebihnya adalah penganut Protestan.
1.3. Ekonomi             
Mata uang Dominika adalah Dollar Karibia Timur (EC$). Perekonomian Dominika terutama didasarkan pada bidang pertanian. Tanah pertanian negara ini mencapai 23% dari luas tanah keseluruhan. Lebih dari 60% penduduk bekerja di perkebunan dan lainnya sebagai pekerja pabrik. Hasil pertanian meliputi pisang, jeruk, dan kelapa. Banyak pula penduduk bertani hanya untuk mencukupi kebutuhan sendiri. Limau, kopra, vanili, anggur, hasil anyaman, dan pakaian merupakan hasil produksi penting.

Neraca perdagangan Dominika masih mengalami defisit. Pada tahun 1984, nilai impor negara ini mencapai EC$ 156,1 juta, sedangkan nilai ekspornya hanya berjumlah EC$ 69,2 juta. Dominika antara lain mengimpor bahan makanan, mesin, alat-alat transportasi, dan minyak. Barang-barang impor ini didatangkan dari Amerika Serikat, Inggris, Trininad, Tobago, Canada, dan St. Lucia.

Ekspor terpenting adalah pisang (44,6% tahun 1986), sabun, sayuran, limau, kopra dan hasil olahan dari kelapa. Komiditi ekspor di tujukan ke Inggris, Jamaika, Trininad, dan Tobago, Antigua dan Barbuda, serta Barbados.

Aktivitas ekonomi lainnya adalah pertambangan, peternakan, dan perikanan. Sektor lain yang dikembangkan adalah industri pariwisata. Pada tahun 1986, pemasukan dari sektor pariwisata ini mencapai US$ 10,6 juta. Negara ini memiliki sarana jalan raya sepanjang 787 km (1984), sedangkan rel kereta tidak ada. Pelabuhan udara terdapat di ibukota Dominika yaitu Roseau.








II.      FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKONOMI


2.1.    Potensi Sumber Daya Alam












Gambar 3. Kondisi Alam Negara Dominika

Negara Dominika memiliki potensi alam yang indah, dan industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang akan dikembangkan oleh negara ini. Dan pariwisata ekonomi terbaik di dunia salah satunya adalah Negara Dominika. Menikmati dan merasakan keaslian alam namun kaya akan budaya dalam satu paket, dominika mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.keaslian alamnya yang masih sangat original yang merupakan tujuan favorit para pejalan kaki dan penyelam, menyajikan berbagai keindahan petualang tak berujung. Dominika adalah salah satu bukti keindahan alam karibia dan termasuk tujuan utama para pelancong, yang sangat kaya dengan belantara hutan menutupi kawasan pegunungan yang kaya akan keragaman hayati, penuh dengan mata air, sungai, dan air terjun. Merupakan tempat tinggal sangat ideal dari berbagai flora & fauna eksotis disana yang juga merupakan tempat yang sangat indah dan membanggakan dengan berbagai keindahan terumbu karang, sungai dan garis pantai.

2.2     Prasarana Ekonomi
Dominika memiliki sejumlah tempat pariwisata yang menarik yang dikunjungi jutaan wisatawan setiap tahun dari negara seperti Kanada, Eropa, Amerika Serikat, dll. Daerah-daerah pariwisata utama di negeri ini adalah: Punta Cana, Bávaro, Puerto Plata, Bayahibe, Sosúa, Cabarete, Samaná, Las Terrenas, Juan Dolio, Boca Chica, Jarabacoa, Constanza, Santiago de los Treinta Caballeros.

Tak diragukan lagi Dominika menjadi salah satu tujuan wisata favorit, baik dari Eropa maupun Amerika Utara. Sebagai akibatnya, negeri ini sanggup mendapatkan sejumlah kunjungan orang asing tahun 2001 telah berlipat ganda dibandingkan tahun 1994. Di masa itu kunjungan wisatawan berkisar antara 1.337.675 hingga 2.811.339.

Kenaikan arus wisatawan terjadi secara signifikan yang akhirnya menguntungkan penawaran hotel, begitupun kenaikan penawaran ruangan di negeri ini, yang untuk masa itu permintaanya melampaui 29.243 pada tahun 1994 menjadi 54.034 pada tahun 2001, sedangkan pada tahun 2002 jumlah ruangan yang tersedia adalah 54.730 dan untuk tahun 2004 jumlah ruangan yang tersedia 58.932.
2.3     Kerja Sama Luar Negeri
Ø  Hubungan Bilateral dengan Indonesia
A.  Politik
Saat ini Indonesia dan Dominika belum memiliki hubungan diplomatik. Namun, kedua negara telah melakukan kesepakatan saling dukung di berbagai forum Internasional antara lain pencalonan Dominika di ECOSOC periode 2013-2015 dengan pencalonan RI di Dewan yang sama periode 2012-2014.

B.    Ekonomi
Meski Indonesia dan Dominika belum memiliki hubungan diplomatik, namun volume perdagangan antara kedua negara cukup signifikan. Periode Januari-Oktober 2008 volume perdagangan Indonesia-Dominika tercatat sebesar US$26.962.600, sementara pada tahun 2009 pada periode yang sama turun 40,61% , menjadi sebesar US$16.013.000. Nilai impor pun mengalami penurunan 58,5% dari US$3.940.600 pada periode Januari-Oktober 2008 menjadi US$1.635.300 pada periode yang sama tahun 2009. Neraca perdagangan antara kedua negara memperlihatkan surplus bagi Indonesia sebesar US$19.081.400 untuk periode Januari-Oktober 2008, kemudian pada periode yang sama di tahun 2009 mengalami penurunan 33,22% menjadi sebesar US$12.742.500. Produk ekspor Indonesia ke Dominika meliputi tembakau, kayu olahan, garmen dan barang-barang manufaktur.





III.   ARTI PENTING POSISI KAWASAN


3.1.    Aspek Politik
Gambar 4. Bendera Negara Dominika

Dominika adalah sebuah negara demokrasi parlementer berjenis Republik. Perdana Menteri Dominika adalah kepala pemerintahan di Persemakmuran Dominika. Secara nominal, jabatan itu dibentuk pada tanggal 3 November 1978 ketika Dominika meraih kemerdekaan dari Inggris. Hingga kini, jabatan itu secara de facto sebagai Premier.

Menurut Bab 59 dari Konstitusi Persemakmuran Dominika:
a.  Perdana Menteri Dominika diangkat oleh Presiden
b.  Setiap saat Presiden dapat menunjuk seorang Perdana Menteri dari anggota terpilih di Dewan Perwakilan Rakyat Dominika yang disodorkan kepadanya melalui dukungan mayoritas anggota DPR Dominika terpilih.

Presiden, bertindak sesuai saran Perdana Menteri, menunjuk Menteri Kabinet. Perdana Menteri mengawasi rapat-rapat Kabinet dan Sistem Westminster disebut 'Primus Inter Pares' atau yang pertama di antara yang sederajat. Tetapi, Perdana Menteri Dominika, seperti Perdana Menteri di Pulau Kecil-Amerika, umumnya diatur oleh presiden.

Perdana Menteri Dominika adalah kepala pemerintahan di bawah sistem yang diterapkan oleh Konstitusi 1978, beberapa tahun setelah kemerdekaan Dominika.

 

Tabel 1. Daftar Kepala Pemerintahan Dominika (1957-Sekarang)

No
Pejabat
Periode Jabatan
Afiliasi Politik
Awal Jabatan
Akhir Jabatan
Pemimpin Pemerintahan Dominika (1957-1960)
1
1957
1 Januari 1960
Partai Rakyat Serikat Dominika
Kepala Menteri Dominika (1960-1967)
1
1 Januari 1960
21 Januari 1961
Partai Rakyat Serikat Dominika
2
21 Januari 1961
1 Maret 1967
Premier Dominika (1967-1978)
1
1 Maret 1967
27 Juli 1974
2
28 Juli 1974
2 November 1978
Perdana Menteri Dominika (1978-Sekarang)
1
3 November 1978
25 Juni 1979
2
25 Juni 1979
21 Juli 1980
3
21 Juli 1980
14 Juni 1995
4
14 Juni 1995
3 Februari 2000
5
3 Februari 2000
1 Oktober 2000
6
3 Oktober 2000
6 Januari 2004

Osborne Riviere
(pejabat)
6 Januari 2004
8 Januari 2004
7
8 Januari 2004
Sedang Menjabat
3.2.    Aspek Ekonomi
Ekonomi Dominika bergantung pada sektor pariwisata dan pertanian. Sebagai akibatnya, sektor pertanian, khususnya pisang, berjumlah 18% dari PDB dari mempekerjakan 28% angkatan kerja. Sektor jasa (termasuk pariwisata) memegang 58% PDB dan 40% angkatan kerja pada tahun 2002. Pada tahun 2004, karena keindahan alamnya yang tak tergantikan, Dominika terpilih sebagai salah satu lokasi syuting film Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest dan lanjutannya, At World's End.






Post a Comment for "Deskripsi negara DOMINIKA"