Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deskripsi Negara Suriname



2.1  Letak dan Luas Wilayah Negara Suriname

Republik Suriname (Surinam), dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Letak astronomis Negara Surimane adalah terbentang antara 20 - 60 LU, dan antara 540 hingga 580 BB. Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat kemudian selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik.
Suriname 163.265 Km2, dengan panjang pantai 275 km. Suriname termasuk salah satu dari 3 (tiga) negara kecil di kawasan Amerika Selatan, selain Republik Guyana (214.696 Km2) dan Uruguay (176.200 Km2).
Suriname di bagi menjadi 10 distrik:
  1. Brokopondo                6.    Para
  2. Paramaribo                  7.   Commewijne        
  3. Saramacca                   8.   Coronie
  4. Sipaliwini                    9.   Marowijne
  5. Wanica                        10. Nickerie




Peta distrik di suriname

2.2  Topografi
Daratannya dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :
a.       Daerah pesisir/pantai
pesisir / pantai muda, terbentuk dari tanah liat yang pekat, antara pasir pantai dan gugusan karang yang terletak di bawah permukaan laut. Sedangkan pantai tua sebagian besar wilayahnya terletak di atas permukaan laut. Kedua daerah ini, sejak diperkenalkannya sistem “polder“ dan pompanisasi, berkembang menjadi daerah pertanian subur dan wilayah pemukiman penduduk. Namun 2 tahun belakangan ini, lahan-lahan pertanian tersebut banyak yang terlantar akibat krisis keuangan untuk pengelolaan sistem irigasi yang bergantung kepada pompa.



b.      Daerah Savana
Daerah Savana merupakan daerah yang tertutup pasir dan sangat gersang. Di daerah ini hanya tumbuh jenis rumput-rumput tertentu.

c.       Daerah dataran tinggi
Daerah dataran tinggi, terletak di sebelah selatan, sepanjang perbatasan dengan wilayah Brazil. Sebagian besar daerah ini tertutup oleh hutan tropis yang menghasilkan kayu berkualitas tinggi (kayu keras).

Ada dua pegunungan utama: Pegunungan Bakhuys dan Van Asch Van Wijck Mountains . Julianatop adalah gunung tertinggi di negara pada 1.286 meter (4.219 kaki) di atas permukaan laut . Pegunungan lainnya termasuk Tafelberg pada 1.026 meter (3.366 kaki), Gunung Kasikasima di 718 meter (2.356 kaki), Goliathberg di 358 meter (1.175 kaki) dan Voltzberg pada 240 meter (790 kaki).


2.3  Iklim
Negara Suriname beriklim tropis dengan temperatur rata–rata 28.3 C. Curah hujan rata–rata 225 cm per tahun dengan kelembaban udara 66 Hg. Musim dapat dibagi menjadi: musim hujan pendek (Nopember-Pebruari), musim kemarau pendek (Pebruari-Maret), musim hujan panjang (Maret-Juli), musim kemarau panjang (Juli-Nopember).

2.4  Sungai atau Hidrografi
Sungai Suriname adalah sungai yang mengalir sepanjang 480 km sepanjang negara Suriname. Sumbernya berada di Pegunungan Guiana, di perbatasan Pegunungan Wilhelmina dan Pegunungan Eilerts de Haan (dinamakan sebagai Gran Rio). Sungai ini mengalir melalui Brokopondo, Bergen Dal, Klaaskreek dan Nieuw-Lombé, Jodensavanne, Carolina, Ornamibo dan Domburg, sebelum melewati Paramaribo, ibukota negara Suriname di sisi kiri dan Meerzorg di sisi kanan. Di kota Nieuw-Amsterdam sngai ini bergabung dengan Sungai Commewijne lalu menuju Braamspunt, sebelum bermuara di Samudera Atlantik.

2.5  Flora dan Fauna
Lebih dari 80 % tanah Suriname masih berupa hutan belukar yang di dalamnya hidup berbagai jenis/species tumbuhan dan satwa. Suriname terkenal kaya akan jenis floranya. Di lain jenis tumbuhan yang terkenal adalah jenis kayu keras seperti Bruinhard, Purplehard dan Zwartekabes. Kayu-kayu tersebut diekspor dan merupakan sumber devisa negara yang sangat penting. Di samping itu, Suriname juga terkenal dengan berbagai jenis satwa, baik yang sudah diternakkan maupun yang masih merupakan binatang liar.
Suriname memiliki hutan hujan tropis yang belum dijamah seluas 85% dari wilayah Suriname, dengan sekitar 12 wilayah konservasi hutan dengan luas sekitar 1,8 juta hektar atau 11,6% dari seluruh wilayah Suriname. Hutan Suriname menghasilkan sejumlah kayu berkualitas. Di antara jenis kayu yang terkenal adalah jenis kayu keras seperti Bruinhard, Purplehard dan Zwartekabes yang merupakan sumber devisa negara. Ekspor kayu keras tropis yang pernah diproduksi oleh perusahaan kayu milik negara Bruynzeel di daerah Suriname Barat, telah merosot akibat perang saudara pada pertengahan tahun 1980-an. Perusahaan kayu negara ini mulai tahun 2003 dalam proses privatisasi, namun sampai tahun 2007 ini belum berhasil.
Produksi kayu mengalami puncaknya pada tahun 1990 sebesar 333.000 m3 di mana 59.000 m3 telah diekspor. Kebijakan pemerintah Suriname di sektor kehutanan dan perkayuan ditekankan pada upaya peningkatan produksi dari 200.000 m3 menjadi 2.000.000 m3 per tahun. Lahan yang tersedia untuk produksi kayu adalah seluas empat juta hektar.
Flora dan Fauna Suriname yang beragam dan dominan karena kehadiran dari hutan hujan di Suriname. Para turis petualang akan kewalahan untuk mengeksplorasi kehidupan alam Suriname. Suriname mengandung berbagai jenis bunga dan bunga lili air dan anggrek adalah yang paling umum dan terkenal. Semak-semak tropis Suriname termasuk kembang sepatu, bugenvil dan oleander. Hutan hujan Suriname terdiri dari 180 spesies mamalia dan berbagai reptil di hutan ini adalah kura-kura, caiman, iguana dan ular berbagai. Putih Kuntul adalah umum dan burung populer Rainforest Suriname. Suriname selalu menarik ilmuwan di seluruh dunia karena adanya spesies yang luar biasa seperti racun biru, katak panah, ayam.

2.6  Demografi
Populasi Suriname terdiri dari beberapa kelompok minoritas. Kelompok terbesarnya adalah Hindustani. Populasi Suriname adalah campuran dari kelompok etnis berikut, dengan persentase kelompok pada sensus ketujuh pada tahun 2004: Hindu (27,4%), Creoles (17,7%), Maroon ( Busnengre ) dan Maroon (14,7%), Jawa (14,6%), Kelompok lain (6,5%): Indian, Cina, Boeroes (putih, petani), Sephardic Yahudi dan Yahudi Ashkenazi, Libanon dan Brasil.
Berdasarkan data statistik dari biro Pusat Administrasi Kependudukan Suriname, jumlah penduduk Suriname pada sensus tahun 2003 tercatat 481.146 orang dengan rata–rata pertumbuhan penduduk 1,3 %, di samping orang asing antara lain : Brasil ( ± 45.000), Guyana ( ± 40.000) dan lain-lain (Karibia, Venezuela, Kolombia dan lain-lain ± 10.000).  pada tahun 2011 populasi menjadi 491 989 jiwa.
Bahasa Belanda merupakan bahasa resmi di Suriname. Orang Suriname juga berbicara bahasa mereka: Sranang Tongo, bahasa Hindustani, bahasa Jawa Suriname, dan lainnya. Dan juga bahasa asal bahasa Karibia dan bahasa Arawakan, orang Indian Suriname juga bicara bahasa mereka sendiri. Sebagai tambahan bahasa Inggris juga digunakan luas, terutama dalam fasilitas dan toko yang berorientasi turis.
Agama dominan di negara ini Kristen , baik dalam bentuk Katolik Roma dan denominasi berbagai Protestan , yang Gereja Moravia yang tertua dan terbesar. Hal ini sangat dominan di kalangan Creoles dan Maroon. Creoles dan tingkat yang lebih rendah dengan Maroon, kedua keturunan budak Afrika, agama Kristen selama periode kolonial tetapi masih dapat mempertahankan mereka Afro-Amerika agama yang disebut Winti . Indians praktik Hindu , Islam atau Kristen. Praktek Jawa Islam atau Kristen. Penduduk Suriname adalah 19,6% Muslim.
Pada Tahun 1990 sekitar 34,2% Penduduk Suriname atau 143.640 Orang keturunan  asal  Indonesia ( etnis jawa ) dan merupakan salah satu etnis terbesar di Suriname saat itu. Namun seiring dengan perkembangan jaman banyak diantara mereka yang pindah mengikuti keluarga dan bermukim di Belanda. Anehnya walau mereka pada umumnya belum pernah melihat Indonesia, mereka sangat fasih dalam berbahasa Jawa yang digunakan sehar-hari dalam pergaulan antara sesama etnis Jawa. Bukan di Suraname saja bahasa Jawa digunakan oleh masyarakat yang berasal dari Indonesia tapi juga di Belanda. Bahkan dari sebuah catatan menyebutkan kurang lebih 65 ribu orang Warga Negara Suriname etnis Jawa dan 30 puluh ribu orang Warga Negara Belanda etnis Jawa menggunakan Bahasa Jawa  dalam bersosialisasi dengan sesama mereka dalam pergaulan sosial ditengah-tengah masyarakatnya.


2.7  Ekonomi
Karakteristik utama dari ekonomi Suriname adalah ekonomi skala kecil yang bergantung bantuan luar negeri, khususnya Belanda. Bantuan dana untuk mendukung pelaksanaan program-program pembangunan selalu diberikan sejak Suriname memperoleh kemerdekaan pada tanggal 25 November 1975. Perekonomian Suriname didominasi oleh sumber daya alamnya, khususnya bauksit.
Produk ekspor utama Suriname adalah aluminium, minyak mentah, beras, udang, pisang, kayu dan emas. Sejumlah investor asing dalam sektor emas dan kayu telah bertambah sejak tahun 1993. Negara mitra utama untuk ekspor adalah Amerika Serikat, Belanda, Trinidad & Tobago, Dutch Antiles, Brazil, Inggris, Venezuela dan Guyana. Sedangkan produk impor utama adalah BBM, katun, tepung, daging, susu, bahan baku dan bahan setengah jadi, mesin-mesin, alat-alat transport, makanan, serta barang- barang kosumsi. Negara mitra utama untuk impor adalah Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Perancis, Jepang, Brazil, Venezuela, dan Norwegia.
Dalam 8 tahun terakhir ini, perekonomian Negara masih menghadapi masa-masa sulit. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya keras untuk menstabilkan kondisi makro ekonomi setelah depresiasi tajam mata uang Suriname, inflasi pada tahun 2002 (15,5%), dan pertumbuhan riil GDP yang merosot dari 4,5% menjadi 3% pada tahun 2002. Ironisnya, pemerintah tetap menerapkan kebijakan yang tidak populer seperti menaikkan pajak penjualan sebesar 3%, memberlakukan pajak kasino dan pajak pengorbanan (bridging tax) sebesar 10% atas corporate income dan atas pendapatan pribadi, serta menaikkan harga BBM sekitar 40%. Pemerintah juga melakukan pengetatan anggaran belanja termasuk mencegah kenaikan gaji PNS tahun 2003. Untuk menciptakan stabilitas mata uang, pemerintah telah mengganti mata uang Surinamese Guilder menjadi Surinamese Dollar – SRD, yang berlaku mulai 1 Januari 2004.
Sejumlah inisiatif pada tahun 2003 untuk menstimulir pengembangan ekonomi dan menaikkan pendapatan negara menjadi alternatif utama untuk menjawab defisit anggaran pemerintah, seperti declaration of intent dengan perusahaan bauksit BHP Billiton dan Suralco/Alcoa. Langkah ini menghasikan investasi jutaan dollar dengan pemberian konsesi kepada perusahaan tersebut di Pegunungan Bakhuys. Perjanjian dengan perusahaan emas Kanada, Cambior dan declaration of intent dengan perusahaan RRC, Zhuong Heng Tai Investment dalam proyek kelapa sawit, juga menyumbang devisa negara dan penciptaan lapangan kerja. Sektor-sektor Ekonomi terdiri dari :
a.       Pertanian
Suriname merupakan salah satu negara pengekspor beras dan pisang terbesar di wilayah Karibia. Wilayah Suriname seluas 163.265 km2, dengan komposisi 161.465 km2 daratan dan 1.800 km2 perairan. Lebih dari 85% tanah Suriname masih berupa hutan, dan lahan pertanian baru 0,4% dari total luas wilayah. Suriname memiliki 95.000 hektar arable land, 15.000 hektar padang rumput dan 7000 hektar permanent crops.
Stichting Machinale Laandbouw (SML) merupakan perusahaan negara yang memproduksi beras. Lahan produksi padi SML adalah 50.000 hektar; konsumsi beras nasional Suriname per bulan adalah 3.000 metrik ton, sedangkan produksinya adalah 4 metrik ton per hektar, atau total produksi sekitar 200.000 metrik ton. Tujuan ekspor beras Suriname adalah negara-negara Caricom dan Eropa.
Perusahaan pisang Negara, Surland, sebelum bermasalah berproduksi 20.000 boks pisang per minggu, dan menyumbang devisa sebesar US$ 300.000 per minggu. Namun sejak bulan Maret 2002, Surland tidak beroperasi karena mismanajemen. Pada bulan Maret 2004, perusahaan Surland telah mengekspor kembali ke pasar Eropa (Perancis).

b.      Perunggasan

Sekitar 90% ayam impor merupakan konsumsi sektor komersial seperti hotel-hotel dan restauran-restauran, dan bukan untuk konsumsi rumah tangga. Konsumsi rumah tangga lebih menyukai ayam lokal. Dengan konsumsi 40 kg perkapita, Suriname dipandang sebagai konsumen tertinggi di wilayah Karibia, bahkan lebih besar daripada AS, Venezuela dan Kuba. Di samping itu, Suriname memiliki bea impor ayam dan produk ayam paling rendah di wilayah Karibia yaitu hanya 10%. Sementara negara di kawasan Karibia mengenakan tariff bea masuk sedikitnya 40%. 


c.       Perikanan

Ekspor udang Suriname mencapai 1.000 ton per tahun. Sektor perikanan Suriname merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar (4% dari GNP), senilai US$ 47 juta. Namun, Suriname tidak memiliki cukup banyak ahli dan pengetahuan di sektor perikanan untuk mengeksploitasi sumber-sumber daya perikanannya. Pada bulan Maret 2007, Uni Eropa malarang impor udang dari Suriname karena belum ada lembaga pengawas standar atas produk tersebut di Suriname.

d.      Pertambangan
Suriname merupakan produsen bauksit ke-8 terbesar dunia, dengan produksi sekitar 3,2% dari total produksi dunia pada tahun 1998. Bauksit diproses di Suriname untuk menghasilkan alumina. Alumina dan aluminium merupakan produk penting bagi perekonomian Suriname, yang menyumbang lebih dari 60% dari pemasukan ekspor.
Bauksit Suriname diolah oleh dua perusahaan bauksit, yakni Suriname Aluminium Company (Suralco) yang merupakan cabang perusahaan bauksit Amerika Aluminium Company of America (Alcoa) dan Billiton Maatscappij Suriname (BMS), yang sebelumnya merupakan bagian dari grup Shell dan kemudian dijual kepada GenCorp dari Afrika Selatan pada tahun 1994.
Ekspor aluminium telah menyumbang lebih dari 30% total nilai ekspor Suriname. Namun, pada tahun 2002, pendapatan Suriname dari bauksit merosot tajam, yaitu 21% lebih rendah daripada pendapatan tahun 2001. Penyebab utamanya adalah kelebihan aluminium di pasar dunia.
e.       Tarif layanan publik
Beberapa jasa layanan masyarakat/publik menaikkan tarif layanannya, seperti rumah sakit, listrik, telepon dan bahan BBM yang berdampak pula pada naiknya harga kebutuhan pokok. Rumah Sakit Universal Hospital Suriname mulai tanggal 15 Agustus 2003, telah menaikkan tarif per harinya. Untuk Kls III, tarifnya baik dari SRD 140 menjadi SRD 175 hari. Perusahaan Telekomunikasi Suriname (Telesur) telah menyesuaikan tarif pulsa telepon berdasarkan nilai tukar SRD terhadap US$ yang ditetapkan Bank Sentral Suriname. Pada September 2005 pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM sebesar 100%, dan mekanismenya kemudian diserahkan kepada pasar untuk disesuaikan per bulan. Saat ini (2007) harga bensin per liter rata-rata adalah SRD 2,76 (1 US$).

2.8  Sejarah
Wilayah Suriname mulai dikenal luas sejak abad ke-15, yaitu ketika bangsa-bangsa imperialis Eropa berlomba menguasai Guyana, suatu dataran luas yang terletak di antara Samudera Atlantik, Sungai Amazon, Rio Negro, Sungai Cassiquiare dan Sungai Orinoco. Semula dataran ini oleh para ahli kartografi diberi nama Guyana Karibania (Guyana yang berarti dataran luas yang dialiri oleh banyak sungai dan Karibania dari kata Caribs yaitu nama penduduk asli yang pertama kali mendiami dataran tersebut).
Dalam suatu cerita fiktif "El Dorado", Guyana digambarkan sebagai suatu wilayah yang kaya akan kandungan emas. Para ahli sejarah memperkirakan bahwa cerita fiktif tersebut merupakan salah satu faktor yang mendorong orang-orang Eropa untuk bersaing menguasai Guyana.
Pada tahun 1449 pelaut Spanyol, Alonzo de Ojeda dan Juan de la Cosa berlayar menyusuri pantai timur laut Amerika Selatan, yang saat itu mereka sebut Wild Coast, dan mendarat di wilayah Guyana. Vincent Juan Pinzon kemudian menguasai Guyana atas nama Raja Spanyol. Selama abad ke-16 dan ke-17, Guyana dikuasai silih berganti oleh Spanyol, Belanda, Inggris, Perancis dan Portugal.
Pada tahun 1530 Belanda mendirikan pusat perdagangan pertama di dataran tersebut. Pada tahun 1593 raja Spanyol mengambil alih dan menguasai Guyana hingga tahun 1595, yaitu ketika para bangsawan Inggris datang dan mulai mengusai daerah-daerah pantai. Sementara itu, Belanda mulai mengembangkan perdagangannya secara bertahap di daerah pedalaman. Daerah Guyana sepenuhnya jatuh ke tangan Inggris sejak tahun 1630 hingga tahun 1639.
Pada tahun yang sama Belanda berhasil menguasai kembali sebagian besar Guyana sedangkan Perancis menguasai daerah-daerah di samping sungai Suriname. Akibat dari persaingan tersebut, wilayah Guyana saat ini terbagi menjadi lima bagian yaitu Guyana Espanola (bagian dari Venezuela sekarang); Inglesa (Guyana sekarang); Holandesa (Suriname); Francesa (Cayenne) dan Portuguesa (bagian dari wilayah Brasil).

Post a Comment for "Deskripsi Negara Suriname"