Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DESKRIPSI NEGARA Norwegia



Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Pantainya yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Svalbard dan Jan Mayen berada di bawah kedaulatan Norwegia berdasarkan Traktat Svalbard. Norwegia memiliki sebuah pulau bernama Bouvet yang terletak di Samudera Atlantik. Luas total Norwegia adalah 385,525 km² dan populasi sebesar 4.9 juta. Norwegia merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Ibukotanaya adalah Oslo. Norwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas. Norwegia juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah.
a)      Etimologi
Norwegia biasanya disebut Kongeriket Norge (Kerajaan Norwegia) dalam tulisan Bokmål,sedangkan Kongeriket Noreg dalam tulisan Nynorsk.
Orang Norwegia Lama biasanya menyebut Norwegia adalah Noregr, dan orang pertengahan Latihan adalah Nor(th)vegia .Beberapa teks abad pertengahan menyebut tentang mitos raja Norr, anak Snær (personifikasi salju), keturunan Fornjót, penguasa legendaris Finlandia. Namun, secara umum diasumsikan nama berasal dari orang Norwegia Lama, yang berarti "norðvegr" (di utara jalan). Norwegia juga memiliki istilah austrvegr "tanah di sebelah timur" (Rusia), vestrvegr "tanah di sebelah barat" (Inggris dan Irlandia) dan suðrvegr "tanah di sebelah selatan" (Mediterania).
b)     Sejarah
Zaman Viking berkarakteristik dengan perluasan dan emigrasi oleh para penjelajah laut Viking.
Menurut tradisi, Harald Fairhair (Harald Hårfagre) bersatu dengan mereka saat 872 M setelah Pertempuran Hafrsfjord di Stavanger, sehingga menjadi raja pertama dari Norwegia bersatu. Wilayah Harald terutama pantai Norwegia Selatan.
Harald Fairhair memerintah dengan tangan yang kuat ,dan menurut sejarah, banyak orang Norwegia meninggalkan negaranya untuk hidup di Islandia, Kepulauan Faroe, Tanah Hijau, dan bagian dari Britania Raya dan Irlandia. Kota-kota Irlandia saat ini seperti Dublin, Limerick, dan Waterford didirikan oleh pemukim Norwegia dan Denmark.

a)      Geografi
Norwegia berbatasan langsung dengan Laut Utara di barat daya dan Kepulauan Skagerrak di selatan, Laut Norwegia di barat, serta Laut Barents di timur laut. Di sebelah timur, Norwegia berbatasan langsung dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Titik tertinggi di Norwegia adalah Galdhøpiggen dengan ketinggian mencapai 2.469 meter dari permukaan laut.
b)     Iklim
Bentang alam Norwegia pada umumnya kasar dan bergunung-gunung, sebagian besar tertutup oleh gletser, dan memiliki tepi pantai sepanjang lebih dari 83.000 km yang dibatasi oleh fyord. Bagian utara negara ini juga dikenal sebagai Tanah Matahari Tengah Malam karena terletak di ujung paling utara bumi, di mana pada setiap musim panas, matahari tidak pernah tenggelam dan di musim dingin, matahari tidak pernah muncul sama sekali.
Norway memiliki ketinggian yang sama dengan Alaska, Greenland dan Siberia. Namun dibandingkan dengan daerah-daerah tersebut, Norway memiliki iklim yang lebih menyenangkan.
Musim panas
Akhir Juni atau awal Agustus memiliki suhu yang paling hangat dan bulan ketika hari menjadi panjang dan terang. Suhu di bulan Juli dan Agustus dapat mencapai 25°C - 30°C. Pada saat yang bersamaan, hampir tidak ada kelembaban di udara.
Suhu laut dapat mencapai 18°C atau lebih tinggi, sehingga berenang menjadi kegiatan yang populer.
Cuaca paling hangat dan paling stabil umumnya terjadi di sisi Timur dari pegunungan di Utara, termasuk pesisir Selatan antara Mandal dan Oslo.
Bahkan di daerah yang lebih ke Utara, suhu musim panas juga menyenangkan – kadang mencapai 25°C.
Namun, cuaca musim panas dapat menjadi basah dan selalu berubah, terutama di daerah Barat, Pusat, dan Utara Norway.
Jika Anda ingin menyaksikan matahari tengah malam, Anda harus pergi ke daerah Utara, di atas Arctic Circle. 
Musim gugur
Pada musim gugur, pemandangan dihiasi dengan warna emas. Suhu perlahan-lahan menurun melalui September, yang merupakan waktu tepat untuk memetik buah berry dan jamur.
Selama musim gugur, wilayah daratan kehilangan lebih banyak panas dibandingkan laut, dan akhirnya daerah pesisir pantai memiliki temperatur yang paling tinggi. Pada bulan September, daerah di luar Oslofjord umumnya memiliki suhu yang paling tinggi. Pada musim gugur, daerah yang paling hangat umumnya adalah pantai Rogaland dan Hordaland.
Musim dingin
Pada musim dingin, kebanyakan wilayah Norway berubah menjadi surga yang ditutupi salju.
Daerah yang lebih rendah, baik di bagian Selatan dan Utara Norway, dapat memiliki suhu yang sangat rendah saat musim dingin. Suhu dapat mencapai di bawah -40°C di daerah dalam Finnmark, Troms, Norway Pusat dan Norway Timur, walaupun hal ini tidak terjadi setiap musim dingin.
Secara kontras, daerah pesisir mengalami musim dingin yang sedang. Namun, angin kencang, hujan dan mendung dapat sering terjadi.
Musim semi   
Bulan Mei ke pertengahan Juni adalah waktu dimana pemandangan di Norway sangat luar biasa, dengan pepohonan dan bunga-bunga yang mulai bersemi, salju di pegunungan yang mulai mencair menjadi seperti air terjun. Bunga-bunga anggrek yang bermekaran di sepanjang Hardangerfjord pada bulan Mei tampak seperti pemandangan surga.
Ada beberapa hari libur pada bulan Mei, dan masyarakat Norwegia menggunakan hari tersebut sebaik-baiknya untuk merayakan musim semi setelah musim dingin yang panjang.
Musim semi merupakan waktu dimana perbedaan suhu antara bagian Selatan dan Utara sangat mencolok. Musim semi juga merupakan waktu dimana suhu siang dan malam hari sangat berbeda.
Pada awal musim semi, wilayah di dekat pantai Norway Barat umumnya memiliki suhu yang sangat tinggi, namun pada bulan Mei, suhu tertinggi umumnya terjadi di daerah Selatan dari Norway Timur dan Selatan.
Cuaca musim semi dapat sangat bervariasi. Ada saat dimana hari menjadi sangat dingin untuk turun salju dan saat dimana hari menjadi cukup hangat untuk duduk di luar menikmati sinar matahari. Musim semi juga dapat menjadi sangat berangin.
Perlu diperhatikan bahwa cuaca dan suhu dapat berubah dengan sangat cepat, terutama di pegunungan. Jadi baik musim panas atau musim dingin, musim gugur atau musim semi – siapkan diri Anda untuk perubahan cuaca yang tiba-tiba dan jangan lupa membawa alas kaki yang baik dan baju hangat.
Suhu rata-rata siang
Kapan / dimana
   Oslo
  Bergen
Trondheim
  Bodø
  Tromsø
Januari
-2.3
2.7
-1.6
-1.3
-3.8
Februari
-1.3
3
-0.7
-0.9
-3.1
Maret
2.4
4.9
2.1
-1
-1
April
7.3
8
5.1
3.8
1.7
Mei
14
12.9
10.5
8.5
6.1
Juni
17.6
15.1
13.2
11.8
11
Juli
19.9
16.6
15.3
14.1
13.7
Agustus
18.7
16.3
14.9
13.8
12.5
September
13.7
13.3
11.3
10.7
8.4
Oktober
8.1
9.8
6.7
6
3.3
November
2.3
5.8
1.8
1.7
-1
Desember
-1.4
3.3
-1.1
-0.5
-3
Sumber: Meteorologisk institutt 
 

Lingkungan
Bentang alam Norwegia pada umumnya kasar dan bergunung-gunung, sebagian besar tertutup oleh gletser dan memiliki tepi pantai sepanjang lebih dari 83.000 km yang dibatasi oleh fyord. Bagian utara negara ini juga dikenal sebagai Tanah Matahari Tengah Malam karena terletak di ujung paling utara bumi, di mana pada setiap musim panas, matahari tidak pernah tenggelam dan di musim dingin, matahari tidak pernah muncul sama sekali. Norwegia berbatasan langsung dengan Laut Utara di barat daya dan Kepulauan Skagerrak di selatan, Laut Norwegia di barat, serta Laut Barents di timur laut. Di sebelah timur, Norwegia berbatasan langsung dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Titik tertinggi di Norwegia adalah Galdhøpiggen dengan ketinggian mencapai 2.469 meter dari permukaan laut.

Ekonomi Campuran

Ekonomi Norwegia secara umum dikarakterisasikan sebagai ekonomi campuran – ekonomi pasar kapitalis dengan komponen pengaruh yang jelas.
Seperti yang terjadi di negara-negara lain di Eropa Barat, ekspansi kebanyakan industri di Norwegia secara umum diatur oleh hak properti swasta dan sektor swasta. Namun, beberapa kegiatan industri juga dimiliki atau dijalankan oleh negara. Kepemilikan negara dan peraturan sektor swasta mengklasifikasikan Norwegia sebagai pasar campuran dan ekonomi terencana. Administrasi negara mencakup pajak, bea cukai dan subsidi, serta bertanggung jawab dalam hal perijinan dan peraturan elemen-elemen seperti lingkungan kerja, prosedur akuntansi, polusi dan produk. Selama tahun 1990, kepemilikan industri oleh negara telah lebih terfokus pada investasi keuangan.
Sektor industri secara umum masih dimiliki oleh swasta, namun negara juga merupakan pemilik mayoritas beberapa perusahaan terbesar di Norwegia, seperti Statoil dan Norsk Hydro. Statoil (perusahaan minyak milik negara Norwegia) menempati posisi dominan di industri minyak Norwegia, serta di bidang petro-kimia, pemurnian minyak dan industri pemasaran minyak. Agrikultur dan perikanan dikelola oleh swasta, diluar fakta bahwa sekitar 10 persen tanah hutan produktif dimiliki oleh negara.
Dalam industri perbankan, bank negara melayani industri paling penting (agrikultur, perikanan, industri berat) untuk wilayah kotapraja, pembangunan daerah, perumahan dan pendidikan. Negara merupakan pemilik utama tenaga air (hydropower) dan listrik. Walaupun negara memonopoli layanan kereta dan kantor pos, perusahaan negara memiliki kendali yang lebih bebas, yang pada akhirnya mengharuskan mereka bersaing.
Keterlibatan negara dalam industri Norwegia pelan-pelan mulai menurun dalam hal mengikuti deregulasi dan proses privatisasi yang terjadi di seluruh industri

F. Pertumbuhan Ekonomi

Norwegia merupakan negara industri yang banyak mengalami perkembangan dengan model ekonomi terbuka dan berorientasi pada kegiatan ekspor. Terdaftar sebagai salah satu negara terkaya di dunia, Norwegia juga menduduki peringkat tinggi dalam hal standar hidup, usia rata-rata, standar kesehatan secara umum dan standar perumahan.
Kekayaan materi sebagian disebabkan karena kekayaan sumber daya alam, dan sebagian lagi dikarenakan keikutsertaan Norwegia dalam industri Eropa Barat, serta kedekatan dengan pasar utama. Norwegia telah menerapkan ukuran restrukturisasi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi. Hubungan perdagangan yang luas dengan negara lain telah memberikan industri Norwegia landasan untuk mengembangkan sistem ekonomi yang lebih maju. Jumlah investasi yang besar untuk produksi peralatan, memperbaiki standar pendidikan serta keahlian teknis dan organisasional di industri serta administrasi publik turut serta membantu pertumbuhan ekonomi negara.
Abad ke-20 mewakili periode pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat di Norwegia. Sejak tahun 1970, industri minyak lepas pantai telah memainkan peranan dominan dalam perekonomian Norwegia. Hanya sebesar 21% tanah Norwegia yang produktif (3% tanah pertanian dan 18% hutan produktif). Norwegia bukan merupakan anggota negara Uni Eropa (EU), namun turut berpartisipasi dalam pasar EU sebagai bagian dari perjanjian European Economic Area (EEA) antara negara EU dan European Free Trade Association (EFTA).


  


KESIMPULAN
Eropa secara geologis dan geografis adalah sebuah semenanjung atau anak benua (jazirah). Eropa Utara meliputi negara-negara nordik, Rusia Eropa, negara Baltik (pada waktu itu Livonia dan Courland) dan Greenland.
Dengan negara-negaranya  swedia, finlandia, denmark, Norwegia. Daerah Swedia terletak di belahan bumi utara dan di utara, terdapat wilayah di dalam Lingkaran Arktik namun beriklim sedang.
Republik Finlandia adalah sebuah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Karena terletak di Eropa Utara, Finlandia menjadi anggota dari Uni Eropa. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat.
Kerajaan Denmark (bahasa Denmark: Kongeriget Danmark) adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia.
Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Pantainya yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Svalbard dan Jan Mayen berada di bawah kedaulatan Norwegia berdasarkan Traktat Svalbard

3 comments for "DESKRIPSI NEGARA Norwegia "

  1. paling tinggi — hingga mencapai 64% — diikuti oleh Amerika Utara (57%) dan EMEA (39%). AppLovin dan IronSource unggul dalam kategori ini, tetapi Facebook, Google Ads, TikTok, Unity dan Mintegral juga memiliki pangsa yang signifikan. Teknik promosi penjualan dengan pemberian insentif jangka pendeknya dapat digunakan untuk membantu peluncuran produk baru atau formula baru dari produk yang telah ada.
    Tetapi beberapa cara umum untuk menganalisis aktivitas pengembangan bisnis adalah melalui jumlah pengunjung media social atau web, panggilan masuk, email yang dikirim, atau jumlah prospek yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  2. Jenis iklan lebih berkesan sebagai sebuah artikel daripada sebuah iklan Syair Hk Malam Ini karena seringkali memang dalam bentuk artikel yang membahas suatu masalah atau sekedar memberi informasi tertentu. Dimana kelompok pertama berlaku bagi aktivitas pemasaran yang kena komisi biro iklan, ini dimasukkan dalam ‘cost of sales’ dan dikurangi sebelum ditentukan gross profit. Merupakan kelompok bagi iklan yang menggunakan kombinasi dari kedua media diatas dalam satu aktivitas. Contoh, iklan poster, iklan baliho, iklan banner, iklan flyer, iklan leaflet, trade promo, sampling dan lainnya, yang seringkali disatukan dengan sebuah aktivitas pemasaran .
    Dengan iklan TV yang bagus, Anda menentukan bagaimana Anda ingin audiens Anda bereaksi. Ini tidak seperti metode periklanan lainnya, seperti cetak, yang tidak memberi Anda kendali atas bagaimana klien membaca iklan. Dengan iklan TV,

    ReplyDelete