MODEL PEMBELAJARAN 1
MODEL PEMBELAJARAN
Ada enam komponen dari rencana pembelajaran
tersebut.adalah:
1) Tema/topik,
berisi nama tema/topik yang akan diajarkan. Tema/topik tersebut
diambil dari kurikulum (silabus) IPS pada semester yang sesuai bagi
pembelajaran keterampilan sosial, bermakna dan dekat dengan kehidupan /
keseharian siswa.
2) Tujuan Pembelajaran,
merupakan sasaran yang akan
dicapai dalam pembelajaran.
Tujuan tersebut berisi rumusan kompetensi yang diharapkan dikuasai
oleh para siswa. Tujuan pembelajaran terbagi dua, yaitu tujuan pembelajaran
umum dan tujuan pembelajaran khusus. Tujuan pembelajaran umum, berisi rumusan
kompetensi dasar berkenaan dengan topik yang akan diajarkan, sedang
tujuan pembelajaran khusus, berisi rumusan indikator-indikator dari topik yang
akan diajarkan. 3) Materi Pembelajaran,
merupakan isi atau substansi
bahan yang EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya http://educare.e-fkipunla.net
Generated: 25 September, 2010, 04:30akan diajarkan, yang menunjang penguasaan
kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran ini hanya
memuat garis-garis besar bahan ajaran yang merupakan rincian dari topik
pembelajaran.
4) Model Pembelajaran,
berisi rumusan tentang model pembelajaran kooperatif dengan variasi
metode yang akan digunakan. Jenis metode yang digunakan dalam setiap pertemuan
tidak selalu sama, disesuaikan dengan topik dan kompetensi yang akan dicapai.
Metode-metode tersebut pada umumnya merupakan metode yang berisi kegiatan yang
mengaktifkan siswa (seperti bekerja dan diskusi kelompok, presentasi,
menanggapi, mengemukakan pendapat, (memimpin), dalam berbagai kegiatan
kelompok, bersifat inkuiri atau diskaveri yang bermakna. Meskipun demikan tidak
berarti tidak boleh menggunakan metode yang bersifat ekpositori dan klasikal,
kalau diperlukan sesuai topik dan kompetensi yang akan dicapai metode- metode
tersebut juga dapat digunakan.
5) Media dan Sumber Pembelajaran,
berisi rumusan tentang media
atau alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk membantu memperjelas atau
mempermudah penguasaan materi atau
kompetensi yang ingin dicapai. Media pembelajaran dapat menggunakan
media yang sudah ada di sekolah atau diadakan oleh guru dan siswa. Sumber
pembelajaran dapat berupa buku, majalah dan bahan cetak lain, bahan elektronik,
orang atau nara
sumber, dan sumber pembelajaran yang ada di lingkungan masyarakat
6) Evaluasi Pembelajaran,
merupakan kegiatan untuk mengukur dan menilai pencapaian tujuan yang
telah dirumuskan. Evaluasi ini meliputi evaluasi proses dan evaluasi hasil
pebelajaran. Evaluasi proses ditujukan untuk menilai perilaku atau
keterampilan sosial siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran,
seperti bekerja dan diskusi dalam kelompok kecil, kelompok sedang, kelompok
besar dan dalam kelas. Evaluasi hasil ditujukan untuk mengukur dan menilai
tingkat
penguasan siswa dalam kompetensi dan materi yang
dirumuskan dalam tujuan. Pengukuran menggunakan kuis, tes obyektif dan uraian.
Post a Comment for "MODEL PEMBELAJARAN 1"