Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DEMOGRAFI

 A. PENGERTIAN DEMOGRAFI

Kependudukan atau demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu.
demografi/de·mo·gra·fi/ /démografi/ n ilmu tentang susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk; ilmu yang memberikan uraian atau gambaran statistik mengenai suatu bangsa dilihat dari sudut sosial politik; ilmu kependudukan(KBBI).

 B. TUJUAN  DAN MANFAAT DEMOGRAFI
Ilmu demografi memiliki empat tujuan pokok, yaitu:

1. Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.
2. Menjelaskan pertumbuhan penduduk masa lampau, penurunannya dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
3. Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial.
4. Mencoba meramalkan pertumbuhan pendukuduk di masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.

Sedangkan manfaat demografi adalah:

1. Perencanaan pembangunan yang berhubungan dengan pendidikan, perpajakan, kemiliteran, kesejahteraan sosial, perumahan, pertanian dan lain-lain yang dilakukan pemerintah menjadi lebih tepat sasaran jika  mempertimbangkan komposisi penduduk yang ada sekarang dan yang akan datang.
2. Evaluasi kinerja pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dengan melihat perubahan komposisi penduduk yang ada sekarang dan yang lalu beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
3. Melihat peningkatan standar kehidupan melalui tingkat harapan hidup rata-rata penduduk, sebab tidak ada ukuran yang lebih baik kecuali lamanya hidup sesorang di negara yang bersangkutan
4. Melihat seberapa cepat perkembangan perekonomian yang dilihat dari ketersediaan lapangan pekerjaan, persentase penduduk yang ada di sektor pertanian, industri dan jasa.

C. KOMPONEN KOMPONEN DEMOGRAFI
Ada tiga komponen utama demografi  yaitu:
  1.  Besar penduduk
  2.  Struktur atau komposisi penduduk
  3.  Perkempangan penduduk
Yang termasuk besar penduduk adalah jumlah, kepadatan dan pesebaran penduduk. Yang termasuk struktur atao komposisi penduduk adalah komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin, komposisi menurut status perkawinan, komposisi menurut tingkat pendidikan , komposisi menurut mata pencaharian, pemukiman, agama, kewarganegaraan dan sebagainya. Perkembagan penduduk komponen komponennya terdiri dari kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas) dan perpindahan (migrasi). Dalam kegiatannya dalam komposisi penduduk menurut mata pencaharian, juga dibahas ketenaga kerjaan, dan dalam kaitannya dengan perkembangan penduduk dibahan tentang proyeksipenduduk dan teori teori penduduk.

Post a Comment for "DEMOGRAFI"