Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GUNUNGAPI TANGKUBAN PARAHU dan KRAKATAU



GUNUNGAPI TANGKUBAN

Dataran tinggi Bandung di Jawa Barat terletak diantara dua deretan gunungapi. Hampir seluruh datarn ini ditutupi oleh bahan – bahan vulkanik. Hanya pada dua tempat diketemukan endapan – endapn sedimen yang dibentuk dalam laut . Bagian tengah merupakan gunungapi itu sendiri dan dibagian sebelah selatan kita temukan dataran tinggi. Bandung yang dahulu merupakan sebuah danau besar . Didatarn tinggi Bandung terdapat endapan – endapan danau seperti tanah liat , pasir , dsb.

Pada waktu Miosin ini pesisir utara dan Jawa purba letaknya jauh sebelah selatan dan pesisir sekarang dan terletak kira – kira disekitar Pengalengan. Daerah sebelah utara dari Pengalengan masih merupakan lautan dimana terjadi pembentukan atau pengendapan berbagai macam batuan sedimen.
Didaerah Purawakarta kini endapan tersebut yang sampai beberapa ribu meter tebalnya masih dapat dilihat . Sedimen – sedimen ini terdiri dari tanah liat, batu karang, batu kapur, tufa dsbnya. Disekitar Bandung endapan hanya terlihat pada beberapa tempat saja, karena selain ditutup oleh bahan – bahan vulkanik yang kemudian terhentuk. Umur dari endapan ini ditetapkan berdasarkan binatang – binatang purba yang dahulu pernah mendiami laut.
Periode atau jaman yang tenang ini disusul oleh periode yang revolusioner dalam periode ini dalam bumi terjadi gerak – gerak yang memeras dan mengangkat batuan – batuan yang dibentuk tadi menjadi pengunungan yang memantul dari atas permukaan laut.Periode ini adalah pembentukan pegunungan.
Pesisir utara Jawa purba yang tadinya terletak sebelah selatam mulai berpindah keutara dengan lain kata sebagain daratan ditambahkan pada Jawa purba itu. Bagian selatan dari daerah Pengalengan diangkat. Selain dari periode pembentukan pegunungan bekerja pula kekuatan – kekuatan lain didala bumi, ialah kekuatan vulkanikyang sisanya kini merupakan puncak – puncak tajam disekitar Cimahi.
Demikian dengan singkat sejarah pra- kwarter dataran tinggi Bandung dan kini kita melangkah ke jaman paling muda dari sejarah bumi ialah jaman Kwarter, dalam jaman ini terjadi pembentukan daratan tinggi Bandung sebagaimana kita kenal sekarang. Sejarah daerah gunungapi ini dapat kita bagi dalam dua periode ialah : Jaman Kwarter Tua dan Jaman Kwater Muda.
Kira – kira pada permulaan jaman Kwarter Tua aktivitas vulkanik berpindah kesebelah utara ketempat Gunung TangkubaN Parahu itu kini terdapat pada jaman itu G. Tangkuban Parahu belum lahir akan tetapi yang ada ialah induk gunungapi yaitu gunungapi Sunda.

Tinggi gunung merapi berbeda – beda tergantung dari pertumbuhan dan penghancuran sumberlava dipucaknya. Dalam tahun 1925 tingginya mencapai 2970,5 m sedangkan dalam tahun 1911 tinggi hingga 2963 m.
Penyelidikan dari gunungapi Merapi ini menujukkan tiga faktor yang dapat menimbulkan bencana yaitu :
-          Awan pijar yang disebabkan oleh pengehembusan dari sumbat lava dan disebabkan oleh penambahan gas baru dari pipi kepundan
-          Ladu ialah banjir batu dan pasir pijar yang disebabkan oleh pengancuran sumbatlava.
-          Lahar dingin atau banjir geluh dingin . Ini biasanya terjadi selama atau sesudah peledakan gunungapi dan disebabkan oleh hujan lebat.

Gunungapi Krakatau


Gunung ini terletak diselat Sunda menduduki tempat yang istimewa dalam sejarah gunungapi karena pembentukan kaldera dalam waktu historis pada peledakan tahun 1883.
Sejarah Krakatau dimulai dengan sebuah gunungapi besar yang disebut juga Krakatau Purba. Gunungapi ini yang berbentuk kerucut mempunyai titik eruspi disentrumnya. Sesudah itu terjadilah peledakan yang keras sekali satu sifat dari gunungapi ini.Peledakan gunungapi Krakatau yang hebat didahului oleh masa istirahat yang berabad – abad lamanya,untuk mengumpulkan energi baru. Baru 69 tahun yang lewat Krakatau meledak dengan kuat sehingga kita dapat menarik kesimpulan bahwa belum mungkin gunungapi ini akan meledak dengan hebat seperti tahun 1883 silam.
Gunungapi Kelut
Tinggi 1713 m dari gunungapi Kelut ini memang tak seberapa jikalau dibandingan dengan gunungapi lain . Dalm waktu sejarah sering yetjadi peledakan yang mengakibatkan kerusakan desa – desa serta hilangnya jiwa penduduknya sekelilingnya. Gunungapi Kelut ini termasuk tipe St. Vincent yaitu memiliki lava yag kental dengan tekanan yang tinggi.
Morfologi gunungapi Kelut tidak teratur terdapat pundak – pundak tajam dan lembah yang curam. Karena erosi yang kuat maka hanya material yang keras yang tinggal pada umumnya batuan andesit . Batuan andesit ini terdapat dipuncak Kelut dan G. Sumbing, Jalan lumpur yang sangat berbahaya ialah lahar badak terjadi pada tahun 1848 dan menyerupai jalan air yang keluar dari danau kawah.

Post a Comment for "GUNUNGAPI TANGKUBAN PARAHU dan KRAKATAU"