Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB 27 PRAKAMBRIUM



Definisi system prakambrium

Batuan-batuan yang tertua yang mengandung fosil banyak dan yang dapat pula dipakai untuk mengkorelasi, disebut kambrium. Alas system prakambium merupakan bidang yang terpenting dalam stratigrafi. Alas ini bias disamakan dengan tahun 0, tahun kelahiran isa Al-masih sebagai permulaan rarich masehi. Yang khas dari prakambrium ialah lapisan selalu terdapat lapisan yang mengandung fosil, kecuali jika batuan itu tergeser atas batuan yang lebih muda akibat gaya-gaya pembentuk pegunungan.
Sifat batuan prakambrium
Dalam lapisan prakambrium terutama terdapat pada batuan-batuan yang berhambur,baik yang berasal dari pembentukan magma cair, maupun dari perhambuaran dan peleburan kembali batuan sedimen dan batuan lainnya. Yang disebabkan oleh perubahan kimia dan fisika pada sedimen dan batuan beku(metamorphosis).
Unsur lapisan prakambrium
Hal itu semua dapat kita pahami apabila kita ingat bahwa kambrium itu lebih kurang berumur 500 juta tahun. Karena kerak bumi menurut perhitungan kita lk 3.500 juta tahun maka batuan-batuan prakambrium telah mengalami sejarah selama 3.00 juta tahun, 6 kali lebih tua dari pada waktu pembentukan batuan yang berfosil.
Dimana terdapatnya lapisan prakambrium
Batuan prakambrium terdapat diseluruh permukaan bumi didaerah yang sangat terbatas. Pada umumnya daerah tersebut merupakan bagian pusat benua-benua itu disebabkan karena bentuknya yang agak melingkar lagi pula permukaanya aagak melengkung. Batuan prakambrium banyak tampak pada permukaan daerah kanada disekitar teluk Hudson, amerika utara didaerah lajur yang tak berapa lembarnya dibagian timur dan barat. Dan ditempat lainnya
Ini adalah daerah yang lapisannya telah dipelajari oleh sarjana-sarjana,
Grand Canyo
Tempat ini adalah salah satu tempat yang terdapatnya batuan2 prakambrium yang sangat mashur. Lapisan teratas termasuk mesozoikum, yang terbawah termasuk paleozoikum dan bagian yang terdalam lagi terdiri dari lapisan prakambrium. Dibagian yang tertua dan letaknya yang terbawah terdiri dari batuan yang terlipat dan sangat mengalami metamorphosis. Diatas hamparan yang tua itu kemudian telah diendapkan sedimen secara mendatar, jadi yang terpisah oleh suatu bidang diskordansi-sudut dari sekis Vishnu. Sedimen-sedimen ini tidak lagi terlipat, tetapi oleh patahan telah terpecah belah menjadi beberapa gumpalan.
Perisai, Kanada didekat Danau-danau besar
Baik perisai kanada maupun perisai fennoskandia sewaktu pergeseran yang belum lama lampau telah tertutup dengan gletser-gletser. Gletser itu memang pada banyak tempat telah meninggalkan berlapis-lapis lempung dan pasir, sehingga batuan prakambrium dibawahnya tertutup olehnya, tetapi diberbagai tempat tanahbawahnya justru telah terkeruk sampai bersih, sehingga terlihatlah singkapan yang bagus. Lapisan bawah daur yang tertua yaitu system Keewatin. Tidak deketahui orang. Endapan-endapanya bersifat vulkanik.
Sesudah hamparan ini menyusul pengendapan batuan-batuan yang termasuk system timiskaming dengan alas suatu konglomerat dengan kerataan yang berasal dari granit laurensia. Batuan system timiskaming tidak bersifat vulkanik. Dalam zaman timiskaming atas sedimen-sedimen tadi lagi dan diterobos oleh granit yaitu yaitu granit algomia.
Perisai Fennoskandia atau Baltik
Perisai ini juga tersingkap hingga terang sekali oleh pengikisan glacial. Tentang daur yang terdapat tak banyak diketahu orang. Hal itu telah ditemukan orang didekat laut putih. Disana terdapat granit-granit yang berumur lk. 1500 jth. Batuan-batuannya membentuk suatu pegunungan tua yang dinamai marelbida. Daur yang berikut telah membentuk suatu pegunungan yang kini telah lenyap yang diberi nama svekofennida.
Setalah membentuk hampirata daripada svekofennida muncullah suatu daur baru yaitu daur karelida atau gothokarelida. Kedalaman karelida telah menerobos suatu granit yang telah ditemukan banyak orang di finlandia.
Perisai Australia
Di Australia prakambrium terutama terdapat dibagian tengah dan bagian barat. Prakambrium keduanya terdiri dari batuan yang sangat terubah oleh metamorphosis. Prakambrium tengah hanya dikenal karena adanya konglomerat alas dengan unsure yang berasal dari prakambrium bawah.
Prakambrium atas sangat berbeda dengan lapisan tersebut. Yaitu sedimennya tak begitu berubah.
Kesan hidup dalam prakambrium
Kesan hidup yang pertama yang kita jumpai sudah sangat lama umurnya. Kesan itu ditemukan oleh orang didalam sedimen-sedimen tua yang berasal dari rhodesai. Dengan cara-cara radioaktif batuan itu telah terukur lk.2.650 thl.
Orang mengira bahwa beberapa zat gampingyang berbonggol-bonggol yang berlapis dan memancar dengan bentuk yang tak teratur atau bahkan kadang dengan lapisan karbon.
Iklim dalam Prakambrium
Tidak kita ketahui sedikitpun tentang keadaan iklim dibumi kita pada waktu permulaan sesudah pembentukan kerak. Prakambrium kita ketahui bahwa saat itu daerah terlampau dingin. Sedangkan pada waktu-waktu yang lain iklim2 yang panas dan terlihat lembab. Tetapi sukar sekali mengambil kesimpulan mengenai iklim lapisan sedimen yang ada. Pada waktu itu permukaan bumi diatas mukalaut merupakan gurun, yang tidak disebabkan karena kekurangan air yang sangat besar, seperti halnya gurun sahara.  Tumbuhan baru muncul pada paleozoikum atas.

Post a Comment for "BAB 27 PRAKAMBRIUM"