Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deskripsi Negara Kepulauan Bahamas



     Gambaran Umum Negara Kepulauan Bahamas



La Islas Bahama merupakan kepulauan yang terdiri dari sekitar 700 pulau berpasir dan berkoral. Luas bahama meliputi lebih dari 100.000 mil persegi  di Samudera Atlantik antara Florida dan Hispaniola.  Kepulauan Bahama memiliki daratan seluas 5.382 kilometer persegi,   atau  20 persen lebih besar daripada Jamaica. Populasi penduduk sekitar 310.000 Jiwa,  pada umumnya terkonsentrasi di  New Providence dan Grand Bahama Island.

Pulau terbesar di kepulauan bahamas adalah Pulau Andros. Pulau Bimini atau The Biminis, hanya  berjarak sekitar 50 mil sebelah timur Florida. Pulau Grand Bahama merupakan pulau  dimana terdapat kota pelabuhan terbesar.  Pulau-pulau lainnya, di sebelah timur  terletak  Pulau Abaco, sebelah tenggara terletak pulau Inagua, Pulau EleutheraCat Island, Pulau San SalvadorAcklins, Pulau CrookedExuma dan Mayaguana.  Nassau merupakan ibu kota Negara dan juga adalah kota terbesar, terletak di New Providence. Kepulauan ini memiliki iklim subtropis yang dipengaruhi oleh teluk di sekitarnya.
a.      Sejarah Negara Bahama
Meski bangsa Paleo-Indian telah menghuni tempat ini sebelumnya, bangsa Indian Taino dari Hispaniola dan Kuba pindah ke Bahama selatan sekitar abad ke-7 dan menjadi bangsa Lucayan. Ada sekitar 40.000 Lucayan di saat kedatangan Columbus.
Pendaratan pertama Christopher Columbus dalam menemukan Benua  Baru pada tahun 1492,  diyakini  di pulau San Salvador (juga disebut Watling Island) terletak di KepulauanBahama bagian tenggara. Ia bertemu  dengan Taino (yang dikenal sebagai LucayanAmerindian, yang kemudian bertukar hadiah dengan mereka. Nama  Grand Lucayan diberikan setelah Indian Taino dariHispaniola yang berada di barat laut dan timur laut Kuba hijrah ke Bahama selatan sekitar abad ke-7 Masehi.  Mereka sepertinya telah menguasai seluruh kepulauan pada abad 12 Masehi.  Mungkin ada sebanyak 40.000 Lucayans tinggal di Bahama pada saat kedatangan ColumbusColumbus mengatakan nama ‘Bahama’ berasal dari Spanyol yang berarti laut dangkal – Penghancur baja. Setelah  Lucayans hancur, kepulauan Bahama menjadi sepi, sampai kedatangan pemukim Inggris dari Bermuda pada  tahun 1650, yang dikenal sebagai Petualang Eleutherian, kemudian  orang-orang mendirikan permukiman di pulau yang  sekarang bernama Eleuthera (dari kata Yunani untuk kebebasan).
Orang Lucayan Bahama dibawa ke Hispaniola sebagai budak, dan di 2 dasawarsa berikutnya, banyak orang Lucayan punah, karena populasinya menjadi pekerja paksa, menderita penyakit, beremigrasi, dan menikah dengan orang luar.
Setelah populasi Lucayan dibantai, pulau-pulau Bahama sebenarnya tak berpenghuni hingga pemukim Inggris datang dari Bermuda pada 1650. Yang disebut Petualang Eleuther mendirikan permukiman di pulau Eleuthera.
Bahama menjadi koloni Inggris pada 1718. Sekitar 8.000 loyalis dan budaknya pindah ke Bahama di akhir 1700-an dari New York, Florida dan Carolina.
 

a.      Geografi dan Iklim
Pulau Abaco berada di timur. Pulau paling tenggara ialah Inagua. Pulau terkenal lainnya ialah EleutheraPulau Cat, BahamaSan Salvador, AcklinsPulau CrookedExuma dan MayaguanaNassau ialah ibukota dan kota terbesar, terletak di New Providence. Pulau ini beriklim subtropis, diselai oleh Aliran Teluk.
Di tenggara, kepulauan Caicos dan kepulauan Turks, dan 3 ciri bawah tanah yang lebih luas yang disebut Mouchoir BankSilver Bank, dan Navidad Bank, secara geografis merupakan kelanjutan Bahama, namun bukan bagian Persemakmuran Bahama.
Iklim Bahama bersifat subtropis sampai tropis, dan secara signifikan disela-selai dengan air Aliran Teluk, khususnya pada musim dingin. Sebaliknya, ini terbukti berbahaya di musim panas dan gugur, sedangkan topan mengalir dekat atau melalui kepulauan itu. Badai Andrew menghantam bagian utara kepulauan pada 1992, dan Badai Floyd menghantam sebagian besar kepulauan itu pada 1999Badai Frances 2004 diharapkan menjadi yang terburuk buat kepulauan ini. Juga pada 2004, Bahama utara dihantam Badai Jeanne yang kurang berpotensi. Pada 2005 sekali lagi kepulauan bagian utara dihantam oleh Badai Wilma. Angin ribut menghancurkan rumah, sekolah, pemakaman, dan membuat sekitar 1.000 orang menjadi tuna wisma. Orang-orang yang tuna wisma itu kekurangan makan, minum, dan pasokan bergantung pada pemerintah.
b.      Pembagian Administratif
Distrik di Bahama menganut sistem pemerintahan lokal atau administratif, kecuali untuk New Providence yang dipegang langsung oleh pemerintah pusat.
1.      Acklins
2.      Berry Islands
3.      Bimini
4.      Black PointExuma
5.      Cat Island
6.      Abaco Tengah
7.      Andros Tengah
8.      Eleuthera Tengah
9.      City of Freeport, Grand Bahama
10.  Crooked Island
11.  East Grand Bahama
12.  Exuma
13.  Grand CayAbaco
14.  Harbour IslandEleuthera
15.  Hope TownAbaco
16.  Inagua
17.  Long Island
c.       Pemerintahan dan Politik

18.  Mangrove CayAndros
19.  Mayaguana
20.  Moore's IslandAbaco
21.  Abaco Utara
22.  Andros Utara
23.  Eleuthera Utara
24.  Pulau Ragged
25.  Rum Cay
26.  San Salvador
27.  Abaco Selatan
28.  Andros Selatan
29.  Eleuthera Selatan
30.  Spanish WellsEleuthera
31.  West Grand Bahama

Kerajaan Inggris memberikan kebebasan untuk membentuk  pemerintahan sendiri kepada Bahama pada tahun 1964, pada tahun 1973, Bahama memperoleh kemerdekaan penuh dan menjadi negara anggota Persemakmuran. Sejak 1950-an Bahama ialah negara merdeka dan anggota Commonwealth of Nations. Tradisi politik dan resmi mengikuti Britania Raya.
Ratu Britania Raya ialah kepala negara seremonial, diwakili oleh gubernur jenderal BahamaPM ialah kepala pemerintahan dan pemimpin partai dengan kursi ternbanyak di DPR terpilih. Majelis tinggi atau senat ditunjuk. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh kabinet. Kekuasaan legislatif dimiliki pemerintah dan 2 kamar parlemen. Sistem perpartaian didominasi oleh Partai Liberal Progresif kiri-tengah dan Gerakan Pembebasan Nasional kanan-tengah. Sedikit dari partai yang berselisih itu tak mampu memenangkan pemilihan parlemen, meskipun ada perasaan di antara banyak orang Bahama bahwa kedua partai itu mirip dalam pendekatannya. Partai-partai itu termasuk Gerakan Demokrasi BahamaKoalisi untuk Reformasi Demokrasi dan Partai Nasionalis Bahama.
Kawalan konstitusi termasuk kebebasan berpendapat, pers, beribadah, pergerakan, dan berorganisasi. Bahama ialah anggota Komunitas Karibia. Peradilannya bebas dari eksekutif dan legislatif. Yurisprudensi berdasarkan pada hukum adat Inggris.
d.      Ekonomi


Ekonomi Bahama telah bergantung pada  pariwisata dan pelayanan Perbankan. Saat ini,Bahama merupakan  negara ketiga yang memiliki  pendapatan tertinggi per kapita di belahan bumi bagian barat. Terumbu karang yang terdapat di kepulauan ini masih alami dan dilindungi, dengan  berbagai kehidupan laut yang indah,  gua-gua karang,sisa kapal yang karam, lokasi ini  sangat ideal untuk Snorkeling atau Diving di semua tingkat kedalaman laut. Bahama juga menawarkan pilihan masakan Karibia yang dapat ditemukan pada hampir di setiap pulau.
Bahama ialah negeri yang stabil dan berkembang dengan ekonomi yang amat bergantung pada pariwisata dan perbankan lepas pantai. Umumnya Bahama diperhitungkan sebagai salah satu pusat keuangan lepas pantai utama.
Pariwisata sendiri terhitung lebih dari 60% GDP dan secara (tidak) langsung mempekerjakan hampir sebagian angkatan buruh. Pertumbuhan yang kokoh dalam penerimaan pariwisata dan ledakan dalam pembangunan hotel, resor, dan tempat tinggal baru telah menimbulkan kuatnya perkembangan GDP di tahun-tahun terkini.
Bersama-sama manufaktur dan pertanian menyumbang sekitar puluhan GDP dan memperlihatkan perkembangan yang sedikit, meski tunjangan pemerintah ditujukan pada sektor itu. Prospek keseluruhan perkembangan itu dalam pacuan ke-2 berakhir di nasib sektor pariwisata, yang bergantung pada perkembangan di Amerika Serikat, sumber sebagian besar pengunjung tempat wisata.
Tingkat pengangguran telah menurun pada 7,6% pada 2006, dari 10,2% pada 2005. Hal ini terjadi terutama terjadi karena pembangunan beberapa resor besar di seluruh negeri. Di 2 pulau yang banyak dihuni di sana, tingkat pengangguran jatuh dari 10,9 persen hingga 6,6 persen di New Providence, dan dari 11 persen ke 8,4 persen di Grand Bahama. Diperkirakan tingkat kemiskinan pada 2004 sekitar 9,3%.
Di samping itu, rata-rata pendapatan rumah tangga telah bertambah hingga $43.420 dari $38.894 pada 2005.
e.       Demografi Negara Bahama
Penduduk Bahama sekitar 85% dari keturunan Afrika, diikuti oleh 12% keturunan Kaukasia. Minoritas lainnya termasuk Asia dan Hispanik sekitar 3%. Banyak orang Kaukasia Bahama terpusat di Abaco Island, Spanish Wells, Harbour Island, Long Island, dan distrik Montagu Bay di New Providence (tepat di timur Nassau). Ada juga sejumlah besar ekspatriat Kaukasia dari AS dan Eropa yang bukan warganegara.
Bahasa resminya ialah bahasa Inggris, diucapkan oleh sebagian besar penduduk, meskipun banyak yang bercakap bentuk patois yang mana Dialek Kreol Bahama yang dikelirukan dengan bahasa Kreol Haiti yang diucapkan oleh sejumlah besar imigran. Bahasa Spanyol dan Portugis juga diucapkan oleh sejumlah imigran.
Sebuah negeri yang keagamaannya kuat, ada banyak tempat ibadah buat tiap orang di Bahama daripada di tiap negara lain di dunia. Penduduk ini banyak yang beragama Kristen Protestan (lebih dari 80%). Baptis membentuk denominasi besar (sekitar sepertiga), diikuti oleh gereja Anglikan dan katolik Roma.
f.       Budaya dan Olahraga
Budaya Bahama ialah campuran dari pengaruh Afrika dan Eropa. Barangkali ekspresi terkenalnya bentuk musik berirama yang disebut junkanoo. Di samping Junkanoo, bentuk musik asli lainnya termasuk rake and scrapecalypso, dan bentuk unik himne, yang dikenal secara internasional melalui musik Joseph SpenceMarching band juga bagian hidup yang penting, dimainkan saat pemakaman, pernikahan, dan peristiwa upacara lainnya.
Di pulau yang kurang berkembang - lebih sering disebut "kepulauan keluarga" - kerajinan tangan termasuk keranjang yang terbuat dari daun palem. Bahan ini, biasa disebut "jerami", juga dijalin menjadi topi dan tas yang merupakan barang wisata terkenal kini.
Lomba perahu layar juga even sosial penting bagi banyak permukiman pulau keluarga. Biasanya mereka mempertunjukkan pelayaran sehari atau lebih dengan perahu kerja bergaya kuno, seperti festival pesisir.
Beberapa permukiman memiliki festival yang dikaitkan dengan panenan maupun makanan tradisional tempat itu, seperti "Pineapple Fest" di Gregory TownEleuthera atau "Crab Fest" di Andros. Tradisi penting lainnya termasuk dongengan dan praktek Obeah.
Tidak ada olahraga nasional yang sesungguhnya di Bahama. Meski olahraga Inggris seperti kriker, sepak bola, dan rugby masih terkenal, pengaruh Amerika kini lebih kuat seperti yang bisa dilihat dari terkenalnya basket, softball dan sepak bola Amerika. Ada beberapa atlet track and field Bahama kelas dunia.
Bahama telah memenangkan medali emas Olimpiade dalam pelayaran (Sir Durwood Knowles dan Cecile Cooke - 1964), serta track and field (Tonique Williams-Darling - 2004, dan tim relay wanita - 2000).
g.      Mata uang Bahama
Dollar Bahama adalah mata uang yang digunakan di negara Bahama. Mata uang ini digunakan sejak tahun 1966. Berdasarkan ISO 4217, Dollar Bahama ditulis dengan (BSD) atau B$ untuk menghindari kekeliruan dengan dollar dari negara lain. Penggunaan uang ini diatur oleh Bank Sentral Bahama.
h.      Route penerbangan
Airlines yang melayani route penerbangan ke Nassau / Paradise Island (Bahamas) :
·         Air Jamaica
·         Air Canada
·         Bahamasair
·         Bimini Island Air
·         Cat Island Air
Bahama merupakan  pilihan yang terbaik  untuk berlibur, baik  bepergian dengan pesawat atau Boat. Suanana Pulau Tropis dan keindahan pantainya yang merupakan salah satu terbaik di dunia, menjadikan  bahama menjadi tujuan liburan yang perlu direncanakan, dan diperhitungkan dalam anggaran kita. 

DAFTAR PUSTAKA

http://adibaduts.wordpress.com/2010/04/28/la-islas-bahamas-kepulauan-bahama/, diakses pada tanggal 20 November pukul 10.00 WIB
http://www.state.gov/outofdate/bgn/ diakses pada tanggal 21 pukul 10.30 WIB
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahama, diakses pada tanggal 20 November pukul 11.00 WIB
http://id.wikipedia.org/wiki/Dolar_Bahama, diakses pada tanggal 21 November pukul 13.00 WIB
http://id.wikipedia.org/wiki/Amerika_Utara, diakses pada tanggal 21 November pukul 14.00 WIB
 

Post a Comment for "Deskripsi Negara Kepulauan Bahamas"