Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SILABUS PPL SMP TRIMULYA



SILABUS

Sekolah                     : SMP Negeri 2 Padang Cermin
Kelas                          : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester                    : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.  Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Bentuk-bentuk muka bumi.

Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

Gejala diastropisme dan vulkanisme
Gempabumi



Pelapukan


Erosi

Sedimentasi.

Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.

Mengamati gambar bentukan-bentukan di muka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi.

Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.

Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia.

Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.

Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan.

Mengamati obyek dan  gambar tentang erosi.

Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi
Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

·Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
·Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
·Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
·Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
·Mendeskripsikan  proses pelapukan.
·Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
·Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
·Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

Tes lisan




Tes lisan




Tes tulis




Penugasan





Tes tulis



Tes tulis



Tertulis




Tertulis
Daftar pertanyaan.


Daftar pertanyaan


Pilihan Ganda


Tugas rumah



Tes Uraian



Pilihan ganda


Tes Uraian




Tes Uraian
Sebutkan jenis-jenis bentuk muka bumi daratan!


Apakah yang dimaksud tenaga geologi dan berikan contohnya!


Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu ….
a.       maar
b.       perisai
c.        starto
d.       kaldera
Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!

Jelaskan proses pelapukan biologis!

Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
a.       abrasi
b.       deflasi
c.        glasial
d.       korasi

Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air!

Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api !


12 JP
Peta
Atlas
Globe
Gambar proses terjadinya diastropisme.
Gambar tipe gunung api
LKS
CD
Buku sumber yang relevan.


v  Karakter siswa yang diharapkan :        Cinta lingkungan
Disiplin
Rasa hormat dan perhatian
Tanggung jawab
Ketelitian
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

Pengertian dan kurun waktu pra-aksara

Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara

Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara.

Peninggalan –peninggalan kebudayaan.

Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.
Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara

 Dengan Atlas Sejarah dan foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra-aksara

Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi  untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.

Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.

Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.

·   Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara.
·   Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara.
·   Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
·   Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
·   Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

Tes tulis



Penugasan



Tes tulis





Tes tulis




Penugasan
Tes Uraian



Tugas rumah



Tes Uraian





Tes pilihan ganda



Tugas rumah
 Jelaskan pengertian masa pra aksara.

Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah tampilannya secara berkelompok

Jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan berilah contoh-contoh peralatan kehidupan yang dipergunakan.

Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko

Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!
4 JP
Buku sumber yang relefan
Atlas Sejarah
Foto –foto
Gambar –gambar  peninggalan sejarah
Musium
Situs sejarah



v  Karakter siswa yang diharapkan :        Cinta lingkungan
Disiplin
Rasa hormat dan perhatian
Tanggung jawab
Ketelitian


SILABUS


Sekolah                     : SMP Negeri 2 Padang Cermin
Kelas                          : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Kehidupan Sosial Manusia.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1    Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial


Penegertian interaksi sosial.


Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.



Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Diskusi tentang pengertian interaksi sosial.

Mengkaji kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka.

Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

·   Menjelaskan pengertian interaksi sosial.

·   Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

·   Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Tes tulis



Tes tulis



Portofolio


Tes uraian



Tes Uraian



Rubrik


Jelaskan syarat-syarat terjadinya  interaksi sosial.

Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!

Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.

8 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Peduli Sesama
                                                          Rasa hormat dan perhatian
                                                          Tanggung jawab
                                                          Ketelitian
2.2   Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian




Pengertian sosialisasi

Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
Pengertian sosialisasi


Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
·   Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.

·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

·   Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

Tes tulis




Tes tulis




Tes tulis

Tes Uraian




Tes Uraian




Pilihan ganda
Jelaskan pengertian sosialisasi!



Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi!


Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi ....
a.       primer
b.       skunder
c.        tersier
d.       kuarter

8 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Peduli Sesama
                                                          Rasa hormat dan perhatian
                                                          Tanggung jawab
                                                          Ketelitian
2.3   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.




Bentuk-bentuk interaksi sosial
(antar individu dengan individu,
antar individu dengan kelompok, dan
antar kelompok dengan kelompok)

Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.



Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.


·   Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.




·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.


Tes tulis






Tes unjuk kerja
Pilihan ganda





Tes petik kerja prosedur dan produk
Contoh interaksi sosial berikut ini adalah ....
a. Guru mengajar siswa
b. Petani menyiram tanaman
c.  Pawang melatih gajah
d. Sopir menyetir taksi
Buatlah kliping berita dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
-         individu dengan individu
-         individu dengan kelompok
-         kelompok dengan kelompok

8 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.

VCD

Buku-buku
sumber yang relevan.

Surat kabar.

Masyarakat
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Peduli Sesama
                                                          Rasa hormat dan perhatian
                                                          Tanggung jawab
                                                          Ketelitian
2.4   Mengurai-kan proses interaksi sosial


Proses sosial asosiatif


Proses sosial disosiatif.



Diskusi tentang proses sosial asosiatif


Diskusi tentang proses sosial disosiatif.





·   Mengidentifikasi proses sosial asosiatif .

·   Memberi contoh proses sosial disosiatif.
Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes Uraian



Panduan observasi
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerjasama!

Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu!

8 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Peduli Sesama
Rasa hormat dan perhatian
Tanggung jawab

Padang Cermin,           Juli  2012
Guru Pamong                                                                                                                                                  Mahasiswa PPL




Walidin, S.Pd.                                                                                                                                                 Fitrianti
NIP 19590112 198111 1 001                                                                                                                         NPM 0913034039

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Padang Cermin




Yasmar, S.Pd
NIP. 19610613 198510 1 002


SILABUS

 

Sekolah                     : SMP Negeri 2 Padang Cermin
Kelas                          : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Manusia Memenuhi Kebutuhan.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1.  Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an







Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.


Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.



Menerapkan / Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

Mendiskusikan  makna  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi  yang bermoral

Membaca buku referensi selanjutnya mendiskusikan  ciri-ciri manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi  yg bermoral


Tanya jawab cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

·   Mendefinisikan  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral.
·   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral





·   Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi   yang bermoral

Tes tulis





Tes tulis




  


Observasi


Tes Uraian





Tes pilihan ganda







Lembar Observasi

Jelaskan makna manusia sebagai
makhluk ekonomi yang bermoral!


Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial adalah :
 a. saling tolong menolong
 b. setia kawan dan toleransi
 c. individual dan egois
 d. simpati dan empati

Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan

8 JP


















Guru IPS 

Buku Materi
Yang relefan

Lingkungan sekolah

Lingkungan
Keluarga

Lingkungan masyarakat






v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
3.2.  Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

Tindakan
Ekonomi manusia dalam memanfaatkan  sumberdaya ekonomi

Tindakan ekonomi yang rasional

Pengertian motif dan prinsip ekonomi

Macam-macam motif dan prinsip ekonomi.

Penerapan/Aplikasi kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.

 Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Mendiskusikan perilaku manusia  dalam memanfaatkan sumber   daya yang terbatas untuk memenuhi dengan melakukan tindakan ekonomi

Mendiskusikan   tindakan ekonomi      rasional yg  dila-kukan manusia

Mendiskusikan     pengertian  motif  dan prinsip  ekonomi

Membaca literatur dan mendiskusikan macam –  macam  motif  dan prinsip Ekonomi

Mendiskusikan tentang   contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan  prinsip ekonomi
Tanya jawab tentang manfaat/ pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan berbagai tindakan ekonomi
·   Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia.
·   Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip ekonomi.
·   Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip ekonomi.
·   Mengaplikasikan  kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip ekonomi.
·   Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Tes Lisan








Tes tulis

  

Tes tulis



Tes tulis



Observasi



Tes tulis
Daftar pertanyaan







Tes Isian




Tes Uraian



Tes pilihan ganda


Lembar Observasi



Tes Uraian
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya
yang terbatas ?

Salah satu tindakan ekonomi
yang rasional yg dpt kita lakukan adalah ... .

Jelaskan pengertian motif ekonomi.

Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena ... .
a. kebutuhan        
c. sosial
b. keuntungan      
d. penghargaan

Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan  sehari-hari  yang dilakukan berdasarkan  motif  ekonomi!

Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi  yang dilakukan seseorang dalam kehidupan  sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi.

12 JP

Buku
Materi yg relevan


Keluarga

Lingkungan masyarakat

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
            








Padang Cermin,           Juli  2012
Guru Pamong                                                                                                                                                  Mahasiswa PPL



Walidin, S.Pd.                                                                                                                                                 Fitrianti
NIP 19590112 198111 1 001                                                                                                                         NPM 0913034039

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Padang Cermin




Yasmar, S.Pd
NIP. 19610613 198510 1 002




Post a Comment for "SILABUS PPL SMP TRIMULYA"