Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DESKRIPSI NEGARA BRAZIL




PENDAHULUAN

A.    Gambaran Umum
Amerika adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara samudra pasifik dan samudra atlantik. Benua ini umumnya dibagi menjadi 3 yaitu amerika utara, amerika tengah  dan amerika selatan. Letak astronomis benua amerika adalah 35o BB-1700 BB dan 550 LS – 830 LS.
Amerika Selatan merupakan salah satu bagian dari benua amerika yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan.
Bagian barat benua Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur benua merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.
Luas area Amerika Selatan berada pada peringkat keempat setelah Asia, Afrika dan Amerika Utara sedangkan populasinya terdapat pada peringkat kelima setelah Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Utara. Amerika selatan dibagi menjadi 15 negaya yaitu Argentina, Bolivia, Bolivia, Chili, Kolombia, Ekuador, Kepulauan Falkland, Guyana Perancis ,Guyana, Paraguay, Peru, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan, Suriname, Uruguay, Venezuela.
Dalam makalah ini akan dibahas tentang keadaan negara Brasil yang merupakan salah satu bagian dari negara yang ada di amerika selatan meliputi: letak, batas, luas, keadaan alam, bentuk pemerintahan negara brasil, penduduk, dan mata pencaharian.




PEMBAHASAN




Republik Federal Brasil (bahasa Portugis: República Federativa do Brasil) adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal dari pohon yang pernah tumbuh deras sepanjang pantai Brasil. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Brasil beribu kota di brasiliadan mata uang brasil adalah Cruzerio Real. 

A. Letak, Batas, Luas Dan Kadaan Geografis Negara Brasil

Letak astronomis            :
Secara astronomis Negara Brasil Terletak diantara  5o LU – 34o LS dan antara  35o BB – 74o BB.

Batas-batas Negara         :
a. Sebelah timur                   : berbatasan dengan Samudera Atlantik
b. Sebelah Barat                   : berbatasan dengan Negara Peru dan Kolumbia
c. Sebelah utara                    : berbatasan dengan Samudera Atlantik, Guyana  Perancis, Suriname, Guyanadan venezuela.
d. Sebelah selatan                : berbatasan dengan Samudera Atlantik, Uruguay, Paraguay, dan Bolivia.
Luas Wilayah
Luas negara Brasil adalah 8.547.404 km2. Dibanding dengan luas negara
Indonesia yang luasnya 1.906.240 km2. Berarti luas negara Brasil lebih luas dibandingkan dengan luas negara Indonesia.
Iklim                                 
Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Negara Brasil beriklim tropis dan hanya sebagian kecil saja yang beriklim sub tropis. Suhu udara terpanas 37,5oC
Terjadi di wilayah timur laut Negara Brasil. Di sebelah selatanya suhu terpanas mencapai sekitar 29oC. Curah hujan paling tinggi mencapai 4.500 mm di daerah selatan kota Sao Paulo. Musim panas terjadi pada bulan November sampai bulan Mei, sedangkan nusim dingin terjadi pada bulan Mei sampai dengan September. Curah hujan rata-rata 2.000 mm setiap tahunnya.
Menurut sistem Köppen, Brazil mempunyai lima subjenis iklim yang utama, iaitu: Khatulistiwa, dataran tinggi tropis , tropis,semi kering , dan subtropika. Kepelbagaian iklim-iklim ini memberikan pelbagai persekitaran kepada Brazil, seperti hutan hujan khatulistiwa di utara, tanah pasir separa gersang di timur laut, hutan konifer sederhana di selatan dan savana tropika di tengah-tengah Brazil. Banyak kawasan ada mikroiklim yang amat ketara perbezaannya.
Kawasan utara Brazil dikuasai oleh iklim Khatulistiwa tanpa musim kemarau yang nyata, tetapi terdapat sedikit perubahan pada kala curahan hujan terbanyak dalam setahun. Rata-rata suhunya 25 °C (77 °F), tetapi perbedaan suhunya yang signifikan antara waktu siang dan malam daripada antara musim.
Di kawasan Brasil bagian tengah, curahan hujan lebih bermusim, seperti yang diharapkan dalam iklim savana. Wilayah ini seluas cekungan Amazon tetapi iklimnya jauh berbeda kerana ia terletak jauh di selatan pada ketinggian yang lebih tinggi. Di pedalaman timur laut, curahan hujan musiman akan lebih ekstem. Kawasan iklim gersang itu menerima hujan yang tak lebih 800 milimeter 31.5 in, pada umunya jatuh pada periode tiga sampai lima bulan dalam setahun tetapi kadang kurang dari itu, maka akan mengalami musim kemarau yang berpanjangan. Kemarau paling dahsyat yang pernah tercatat di Brazil, iaitu Grande Seca (Kemarau Besar) pada tahun 1877–78,  menyebabkan sekitar separuh juta penduduk menjadi korban dari kemarau panjang. Kemarau yang berlangsung pada tahun 1915 juga tidak kurang dahsyatnya.
Di selatan Bahia, dekat São Paulo, distribusi curah hujan berubah sepanjang tahun. Kawasan selatan ini pada iklim sedang, dengan musim sejuk yang nyaman dan rata-rata suhu tahunan yang tidak melebihi 18 °C (64.4 °F);. musim sejuk juga sering dialami, dengan salju di kawasan yang lebih tinggi
Sebagian besar wilayah Brasil berupa dataran tinggi, dan pegunungan. Dataran tinggi paling luas adalah dataran tinggi Brasil (dibagian timur). Di sebelah timur terdapat pegunungan Brasil. Dibagian tengah terdapat dataran tinggi Mato Grosso dan bagian selatan terdapat dataran tinggi Panama.
Topografi
Topografi Brazil ada kelompok bagaianbukit-bukit, gunung-gunung, dataran, tanah tinggi, dan tanah semak. Kebanyakan rupa buminya terletak pada aras tinggi di antara 200 meter (660 ka) dan 800 meter (2,600 ka). Kawasan tanah tinggi menguasai separuh selatan negara ini. Bahagian barat laut penara terdiri daripada rupa bumi yang luas dan beralun-alun, dipecahkan oleh bukit-bukau yang pamah dan berbentuk kebundaran.
Topografi Brasil juga beragam dan termasuk perbukitan , pegunungan , dataran , dataran tinggi , dan semak belukar . Sebagian besar daerah yang terletak antara 200 meter (660 kaki) dan 800 meter (2.600 kaki) di ketinggian. Daerah dataran tinggi utama menempati sebagian besar bagian selatan negara itu. bagian baratlaut yang dari dataran tinggi terdiri dari luas medan, bergulir rusak oleh rendah, perbukitan bulat.
Bagian tenggara yang lebih kasar, dengan masa kompleks pegunungan dan pegunungan mencapai ketinggian hingga 1.200 meter (3.900 kaki). ini rentang termasuk Mantiqueira dan Espinhaço pegunungan dan Serra do Mar . Dalam utara, Guyana Highlands membentuk utama membagi drainase , sungai yang memisahkan selatan mengalir ke Cekungan Amazon dari sungai yang bermuara di Sungai Orinoco sistem, di Venezuela, ke utara. Titik tertinggi di Brasil adalah Pico da Neblina pada 2.994 meter (9.823 kaki), dan terendah adalah Samudera Atlantik.
Brazil memiliki sistem padat dan kompleks sungai, salah satu yang paling luas di dunia, dengan delapan aliran sungai utama, yang semuanya mengalir ke Atlantik. sungai utama termasuk Amazon (kedua sungai terpanjang di dunia dan terbesar di hal volume air), yang Paraná dan anak sungai utama yang Iguaçu (yang meliputi Terjun Iguazu ), para Negro , São Francisco , Xingu , Madeira dan Tapajos sungai.
Keadaan Alam
Wilayah besar Brasil terdiri dari ekosistem yang berbeda, seperti Amazon Rainforest , diakui sebagai memiliki terbesar keanekaragaman hayati di dunia, dengan Hutan Atlantik dan Cerrado , mempertahankan keanekaragaman hayati terbesar. Di selatan, Araucaria pinus hutan tumbuh di bawah kondisi iklim. The satwa liar kaya Brazil mencerminkan berbagai habitat alami. Para ilmuwan memperkirakan bahwa jumlah tanaman dan spesies hewan di Brazil bisa mendekati empat juta.
Mamalia besar termasuk puma , jaguar , ocelots , jarang semak anjing , dan rubah , peccaries , tapir , trenggiling , sloth , oposum , dan armadillo yang melimpah. Rusa berlimpah di selatan, dan banyak spesies monyet Dunia Baru yang ditemukan di utara hutan hujan .


B.      Bentuk Pemerintahan Negara Brasil
egara Brasil terdiri dari 23 negara bagian, 3 daerah Khusus, dan satu distrik federal yaitu ( Acre, Alagoas, Amapá, Amazonas, Bahia, Ceará, Distrik Federal Brasil, Espírito Santo, Goiás, Maranhão, Mato Grosso, Mato Grosso do Sul, Minas Gerais, Pará, Paraíba, Paraná, Pernambuco, Piauí, Rio de Janeiro, Rio Grande do Norte, Rio Grande do Sul, Rondônia, Roraima, Santa Catarina, São Paulo, Sergipe, Tocantins). Kepala Negara dan pemerintahan adalah presiden yang dipilih untuk masa bakti selama 6 tahun.
Dewan pemilihan presiden terdiri atas para anggota kongres nasional dan badan legislatif negara bagian. Kongres nasional terdiri atas dua badan, yaitu senat federal yang merupakan dewan tinggi, dan dewan perwakilan atau dewan rendah. Setiap negara bagian memilih tiga orang senator untuk masa bakti 8 tahun, sedangkan anggota dewan perwakilan dipilih untuk masa bakti 4 tahun.

C.    Penduduk Negara Brasil
Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 .
Penduduk Negara Brasil terdiri dari orang portugis (60%), Mestizo (26%), Afrika (9%), dan lain-lain (2%). Sebagian besar penduduk Negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan biji masih dialami oleh penduduk Negara Brasil terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara. Penduduk negara brasil Menurut Riset Nasional oleh Sampel Rumah Tangga (PNAD) tahun 2008, 48,43% dari populasi (sekitar 92 juta) menggambarkan diri mereka sebagai Putih , 43,80% (sekitar 83 juta) sebagai Brown ( multiras ), 6,84% (sekitar 13 juta) sebagai Hitam , 0,58% (sekitar 1,1 juta) sebagai Asia , dan 0,28% (sekitar 536 ribu) sebagai Amerindian (resmi disebut indigena, Adat), sedangkan 0,07% (sekitar 130 ribu) tidak menyatakan ras mereka.
Agama yang dianut sebagian besar penduduk Brasil adalah Katholik (90%), sedangkan agama yang lainnya ialah protestan, yahudi, buddha, dan lain-lain. Bahasa persaruan yang dipergunakan ialah bahasa portugis (resmi) sedangkan bahasa lainnya ialah Inggris, Jerman, dan Italia.

D.    Mata Pencaharian Penduduk Negara Brasil
Pendapatan per kapita Negara Brasil sebesar US$ 2.590. Pendapatan ini didukung oleh beberapa sektor antara lain sebagai berikut.
1)       Pertanian
Hasil pertanian Negara Brasil merupakan salah satu tulang punggung utama perekonomiannya. Kurang lebih 45% dari total komoditas ekspornya berasal dari hasil-hasil sektor pertanian.
 Peningkatan sektor ini disebabkan karena adanya kebijaksanaan pemerintah Brasil untuk menambah lahan pertaniannya. Hasil-hasil pertanian antara lain
 berupa kopi (merupakan hasil terbesar), padi, kapas, coklat, tembakau, kacang kedelai, jagung, dan tebu.
2)       Peternakan
Jenis-jenis peternakan yang diusahakan dan dikembangkan adalah babi, kambing, domba, dan sapi. Hasilnya berupa daging, susu, kulit, dan wol. Daerah pusat peternakan terdapat di Cuyaba.
3)       Perikanan
Kegiatan perikanan di Negara Brasil berada di sepanjang pantai Atlantik dan sungai-sungai di Amazon. Jenis ikan yang di hasilkan antara lain udang, croaken, sarden dan lobster.
4)      Pertambangan
Hasil-hasil tambangnya meliputi bijih besi (hasil besar), batu bara, perak, emas, berlian, timah hitam, forsfat, dan bauksit.
5)      Perindustrian
Sektor industri di Negara Brasil berkembang dengan pesat dan memiliki peran serta dalam menambah devisa negara. Dua pertiga kawasan industrinya terdapat di daerah Belo Horizonte, Sao Paulo, dan Rio De Jeneiro. Berikut ini jenis-jenis industri dan daerahnya :
·Industri tekstil, terdapat di Sao Paulo.
· Industri baja, terdapat di tepi sungai Paraiba
· Industri petrokimia, terdapat di Sao Paulo, Bahia, dan Rio Do Sul.
·Industri pesawat terbang, terdapat di Embaraer Tucano.
·Industri pemrosesan dan bahan makanan dan industri semen terdapat di Porto Alegre dan Recife.
·Industri bahan kimia, gelas, dan minyak tanah, terdapat di Rio De Jeneiro
6)      Perdagangan
·Ekspor        : Kopi, tembakau, karet, kapas, gula, coklat, baja, bauksit, tekstil, bahan-bahan kimia dan baja.
· Impor         : Batu bara, minyak bumi, alat-alat transportasi, dan bahan-bahan karet sintetis.



KESIMPULAN

 Negara brasil merupakan salah satu contoh negara berkembang. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Brasil beribu kota di brasiliadan mata uang brasil adalah Cruzerio Real. Bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Letak astronomis negara Brasil Terletak diantara 5o LU – 34o LS dan antara  35o BB – 74o BB dan letak geografisnya adalah a. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik, Sebelah Barat berbatasan dengan Negara Peru dan Kolumbia, Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik, Negara Uruguay, Paraguay, dan Bolivia. Luas negara Brasil adalah 8.547.404 km2. Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 .
sebagian besar wilayah Negara Brasil beriklim tropis dan hanya sebagian kecil saja yang beriklim sub tropis dengan Suhu udara terpanas 37,5oC. Menurut sistem Köppen, Brazil mempunyai lima subjenis iklim yang utama, iaitu: Khatulistiwa, separa gersang, tropika tanah tinggi, sederhana, dan subtropika. Topografi Negara Brazil ada bukit-bukau, gunung-ganang, dataran, tanah tinggi, dan tanah semak. Kebanyakan rupa buminya terletak pada aras tinggi di antara 200 meter (660 ka) dan 800 meter (2,600 ka). Hidrografi negara brasil sangat banyak dengan sistem sungi yang padat dan kompleks. Wilayah besar Brasil terdiri dari ekosistem yang berbeda, seperti Amazon Rainforest , diakui sebagai memiliki terbesar keanekaragaman hayati di dunia, dengan Hutan Atlantik dan Cerrado , mempertahankan keanekaragaman hayati terbesar dan ada berbagai macam mamalia.

Post a Comment for "DESKRIPSI NEGARA BRAZIL"